Buah Asli Lebih Sehat Daripada Jus Buah

CNI DC715 Buah Asli Lebih Sehat Daripada Jus BuahMakan banyak buah-buahan, khususnya blueberi, apel dan anggur bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua, ini menurut penelitian dari British Medical Journal. Blueberi mengurangi risiko sebanyak 26%, lebih dari tiga porsi buah buahan jenis lain. Sayangnya jus buah tidak memiliki efek yang sama. Tetapi organisasi Diabetes UK mengatakan bahwa hasil penelitian ini harus ditanggapi dengan hati-hati.

Peneliti dari Inggris, Amerika Serikat dan Singapura menggunakan data dari perawat dan petugas kesehatan di Amerika Serikat untuk mencari korelasi antara konsumsi buah dan risiko terkena diabetes tipe dua. Dalam penelitian ini sebanyak 6.5% dari partisipan menderita diabetes tipe dua.

Penelitiannya menggunakan angket mengenai kebiasaan makan partisipan setiap empat tahun khususnya kebiasaan makan buah buahan. Dalam penelitian ini buah yang digunakan adalah kismis, peach, plim, aprikot, prune, pisang, apel, pear dan anggur. Tiga porsi per minggu ternyata mampu menurukan risiko diabetes tipe dua.

Ini karena buah-buahan memiliki level anthocyanin yang tinggi dan meningkatkan daya tahan. Buah-buahan juga memiliki poyphenol yang juga menyehatkan. Sayangnya jika dibuat jus malah banyak elemen yang hilang sebab malah lebih banyak membuat cairan serta meningkatkan gula darah. Malah ketika dilihat konsumsi jus buah ada risiko meningkat dari diabetes tipe dua.

Disimpulkan bahwa jus buah sebaiknya diganti dengan buah buahan asli. Selain itu dikombinasikan dengan makan seimbang serta olahraga maka akan membuat tubuh menjadi sehat. Diabetes sendiri adalah keadaan di mana ketika tubuh tidak bisa mengendalikan level gula darah. Dalam diabetes tipe dua, sel pankreas tidak mampu memproduksi banyak insulin. Sayangnya, kondisi ini tidak bisa disembuhkan. (BBC)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s