:: Ngobrol Di Tempat Tidur Bisa Bikin Orang Tua Lebih Dekat Dengan Anak ::

Ngobrol Di Tempat Tidur Bisa Bikin Orang Tua Lebih Dekat Dengan AnakCNI DC715 – Banyak orangtua terutama kaum ibu yang miris dan ketakutan melihat situasi yang mencuat saat ini, tentang pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak. Beragam hal dilakukan oleh keluarga untuk lebih dekat dengan anak-anaknya.

Untuk mengatasi rasa khawatir dan ketakutan tersebut, ada baiknya orangtua lebih memperhatikan anak, dan membuat suasana akrab sehingga tidak ada rahasia diantara mereka. Sehingga, bila ada suatu kejadian yang menimpa dirinya, anak tidak takut bercerita, dan langsung memberi tahu orangtua.

Hal tersebut yang dilakukan oleh Sylvia Agung Laksono, anggota kehormatan Lions Club Jakarta Selatan Tulip yang juga isteri Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono.

Ibu tiga orang anak ini mengaku untuk menciptakan kedekatan dan keakraban dalam keluarganya, dia dan suaminya sejak anak-anaknya kecil sering bermain bersama, ngobrol, dan diskusi di tempat tidur.

“Kami main bersama dan ngobrol apa saja, sehingga anak merasa diperhatikan dan didengarkan. Hal itu membuat rasa makin dekat, dan bila ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada anak, kami langsung tahu,” ungkap Sylvia saat ditemui dalam acara penggalangan dana Lions Club Jakarta Selatan Tulip di Jakarta.

Menurut dia, pengalaman masa kecil yang dialami anak itu akan teringat dan terbawa hingga dia dewasa. “Kini setelah punya cucu, anak dan mantu saya juga membiasakan kegiatan itu bersama keluarga mereka masing-masing. Dalam kesibukannya, mereka tetap sediakan waktu bersama anak-anaknya,” ujar nenek 4 orang cucu ini.

Dia mengatakan tiga orang cucunya itu sudah sekolah. Ada yang kelas 6 dan 4 SD, satu lagi di taman kanak-kanak. “Kalau dibilang khawatir ke sekolah, ya ada juga rasa itu. Tapi harus diatasi. Caranya periksa selalu isi tas anak-anak, kenali teman-temannya bermain, dan adakan pendekatan dengan para guru, serta petugas di sekolah,” katanya.

Jadi, lanjutnya, upayakan kenali semua lingkungan tempat anak berada, baik sekolah, lingkungan bermain, dan lingkungan di sekitar rumah.

(Kabar24.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s