:: Kurang Asupan Vitamin dan Mineral Juga Bikin Kegemukan ::

Kurang Asupan Vitamin dan Mineral Juga Bikin KegemukanCNI DC715 – Seimbangnya asupan gizi juga harus dipenuhi dengan mengasup vitamin dan mineral. Jika selama ini konsumsi vitamin identik dengan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, obesitas alias kegemukan nyatanya berkaitan dengan asupan vitamin seseorang.

Baru-baru ini, studi di Amerika menunjukkan bahwa ada hubungan antara berat badan seseorang dengan berapa banyak vitamin dan mineral yang mereka asup. Untuk studi ini, para peneliti menganalisis survei gizi terhadap 18.000 orang Amerika selama tujuh tahun.

Dibanding mereka yang berbobot normal, orang dengan obesitas mengalami 5-12% kadar mikronutrien yang lebih rendah. Orang dengan obesitas memiliki kadar vitamin A, C, dan magnesium 20% lebih rendah dibanding dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Selain itu, orang yang obesitas juga mengasup jumlah kalsium serta vitamin D dan E yang jauh lebih sedikit dari jumlah yang direkomendasikan. Para peneltii mengatakan, orang dengan Body Mass Index (BMI) tinggi cenderung mengonsumsi makanan dengan nutrisi lebih sedikit.

“Seperti diketahui vitamin A terkait dengan regulasi sel lemak dan hormon yang berperan untuk menjaga berat badan,” tutur salah satu peneliti dalam laporannya di Journal of the American College of Nutrition dan dikutip dari Prevention.

Selain itu, vitamin D juga kemungkinan besar berperan dalam produksi leptin yang merupakan hormon untuk mengontrol rasa lapar dan menentukan berapa banyak lemak yang disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kekurangan asupan vitamin bisa berdampak pada berat badan seseorang.

Hasil studi ini juga menunjukkan sebanyak 40% orang dewasa, terlepas dari berapa berat badan mereka, tidak mengonsumsi jumlah vitamin A, C, D, E, kalsium, dan magnesium sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan. Maka dari itu, para peneliti menekankan pentingnya memperhatikan kebutuhan asupan vitamin dan mineral bagi setiap orang. (rdn/up)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s