:: Mata terlalu Lelah Bisa Sebabkan Sakit Kepala ::

Mata terlalu Lelah Bisa Sebabkan Sakit KepalaCNI DC715 – Penggunaan komputer terlalu lama memang dapat membuat leher terasa nyeri dan mengakibatkan sakit kepala. Namun pakar mengatakan sakit kepala juga bisa ditimbulkan akibat mata yang terlalu lelah.

dr Syumati SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung, mengatakan bekerja di depan komputer membuat mata lelah. Jika mata terus dipaksakan bekerja tanpa istirahat, saraf-saraf di sekitar mata akan tegang dan bisa menyebabkan sakit kepala.

“Jangan terlalu lama menggunakan komputer. Penglihatannya jadi tidak fokus. Selain itu, saat mata dipaksakan untuk melihat, bisa mneyebabkan sakit kepala,” tutur dr Syumarti.

Selain menatap komputer terlalu lama, beberapa hal lain juga dapat menyebabkan mata lelah. Salah satunya adalah menonton televisi dengan layar yang terlalu besar. Makin besar layarnya, semakin jauh jarak antara mata dan layar. Akibatnya, mata rentan bekerja lebih keras karena agar penglihatan lebih jelas.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan gadget sambil berbaring. Dikatakan dr Syumarti, menggunakan gadget sambil berbaring selain membuat mata lelah juga bisa menimbulkan nyeri leher atau pegal di tangan.

“Risiko bermain gadget tiduran ini pertama tangan bisa lelah. Selain itu, secara tidak sadar gadget digunakan makin mendekat ke arah mata. Nantinya akomodasi makin keras. Ini bisa jadi faktor risiko minus untuk anak-anak. Kalau pada orang dewasa jadi cepat mengantuk. Lalu cahaya lampu ruangan juga pas mengarah ke mata, membuat mata jadi silau,” paparnya lagi. (mrs/up)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s