:: Mineral Penting Dalam Air Putih Yang Dibutuhan Tubuh ::

7 Mineral Penting Dalam Air Putih Yang Dibutuhan TubuhCNI DC715 – Asupan air putih tak dapat digantikan dengan minuman lainnya. Pasalnya, terdapat tujuh mineral yang dibutuhkan tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Sri Sukmaniah mengatakan mineral tak diproduksi tubuh. Oleh karena itu, diperlukan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mineral, tuturnya, tergolong zat mikro esensial.

Mineral, tambahnya, penting bagi tubuh namun dalam jumlah yang sedikit. Mineral pun terkandung dalam air mineral secara alami dan tidak disuntikkan secara sengaja.

“Air putih mengandung mineral alamiah yang tidak bisa digantikan jadi penting untuk dikonsumsi,” ujarnya dalam Seminar Media dari Aqua tentang Optimalisasi Asupan Air Putih di Bulan Puasa.

Adapun, terdapat tujuh mineral penting yang membuat air putih harus dikonsumsi tubuh. Ketujuh mineral yang terkandung dalam air putih yaitu Fluorida, Natrium, Kalsium, Magnesium, Silika, dan Zinc.

Fluorida, katanya, berfungsi menjaga gigi dari pembentukan karies. Kekuatan tulang, tambahnya, juga menjadi peran Fluorida.

“Fluorida mencegah karies gigi dan menjaga kekuatan tulang dan gigi,” katanya.

Zat lainnya, Natrium membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tak heran, mineral jenis ini ditemukan dalam infus yang biasa diberikan untuk menghidrasi tubuh.

Ada pula Kalsium dan Magnesium yang berperan menjaga kesehatan tulang, pembuluh darah dan kontraksi otot.

“Kalsium dan Magnesium penting menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan tulang,” jelasnya.

Pernah mendengar bahwa air putih bisa membantu melembabkan kulit? Zat Silika yang membantu keutuhan dan kelembapan kulit. Hal ini karena, terdapat 80% air di dalam tubuh.

“Silika penting sekali tapi tidak disadari. Padahal, Silika bisa menjaga keutuhan kulit,” katanya.

Sementara itu, Zinc, berperan sebagai co-enzim. Zinc, katanya, membantu 300 enzim di dalam tubuh. Selain itu, zat ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan fungsi saraf otak.

Kendati banyak bahan makanan yang mengandung air, dia menyarankan agar konsumsi air putih untuk orang dewasa sebanyak 2 liter atau delapan gelas air putih, untuk orang lanjut usia sebanyak 1 liter sampai 1,5 liter atau empat sampai enam gelas sehari dan anak-anak dianjurkan mengonsumsi 1,6 liter sehari atau enam gelas sampai tujuh gelas.

“Jadi delapan gelas itu di luar konsumsi bahan makanan lain yang mengandung air,” katanya. (Bisnis.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s