:: Saat Cemas Orang Sulit Membuat Keputusan, Ini Alasannya ::

Saat Cemas Orang Sulit Membuat Keputusan, Ini  AlasannyaCNI DC715 – Dalam keadaan cemas, kebanyakan orang memang akan panik dan sulit untuk berpikir jernih. Apalagi, ketika diminta mengambil keputusan, orang dalam keadaan cemas akan lebih kesulitan atau bahkan justru mengambil keputusan yang kurang tepat.

Diutarakan peneliti di University of California, Sonia Bishop, gangguan kecemasan yang umum dialami banyak orang berkaitan erat dengan kesalahan pada sirkuit otak yang bertugas untuk mengambil keputusan. Akibatnya, ketika cemas otak pun akan kesulitan menggunakan informasi yang didapat saat itu.

Dikatakan Bishop, tantangan untuk orang yang rentan mengalami kecemasan yakni untuk menilai situasi dalam konteks tertentu, apa lagi yang mungkin terjadi kemudian, lalu bagaimana caranya merespons kondisi itu. Untuk studi ini, Bishop dan koleganya melakukan pengukuran fisiologis dan perilaku dan keterampilan mengambil keputusan.

Mereka melibatkan 31 orang dewasa muda sampai setengah baya dengan tingkat kecemasan rendah sampai ekstrem. Kemungkinan pengambilan keputusan memiliki indikator penggunaan logika, kemampuan menangani situasi yang tidak menentu, serta menarik kesimpulan dari peristiwa masa lalu untuk menentukan pilihan terbaik.

“Kami juga mendeteksi pelebaran pupil yang menjadi indikator otak telah mengeluarkan norepinefrin yang membantu mengirim sinyal ke beberapa daerah otak agar lebih waspada dan siap bertindak. Untuk studi ini kami meminta peserta memainkan game di mana mereka berulang kali memilih di antara dua bentuk. Salah satu bentuk bisa memberi kejutan listrik ringan sampai sedang,” papar Bishop. (rdn/up)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s