:: Ternyata Usai Salaman, Banyak Orang Langsung Endus Bau Tangan ::

Ternyata Usai Salaman, Banyak Orang Langsung Endus Bau TanganCNI DC715 – Apa yang Anda lakukan usai salaman atau jabat tangan? Kalau jawabannya adalah mendekatkan tangan ke hidung untuk diendus, maka Anda tidak sendiri. Sebuah eksperimen ilmiah membuktikan, banyak orang melakukan hal yang sama.

Disadari atau tidak, perilaku tersebut merupakan salah satu bentuk chemosensory signaling. Secara alami, manusia mengembangkan kemampuan untuk mengenali orang lain berdasarkan sinyal bebauan yang dikeluarkan oleh berbagai senyawa kimia di tubuhnya.

Seorang ilmuwan dari Weizmann Institute of Science di Israel, Noam Sobel membuktikannya dengan merekam 153 relawan di sebuah pertemuan. Sebagian dari mereka juga dipasangi sensor untuk mendeteksi endusan, sebelum dan sesudah berjabat tangan.

Hasil pengamatan menunjukkan, laki-laki maupun perempuan mendekatkan telapak tangannya 22 persen lebih sering saat hendak bersalaman. Aliran udara juga meningkat 2 kali lipat, yang oleh para ilmuwan diartikan sebagai perilaku mengendus bau.

Usai berjabat tangan, perliaku mengendus muncul lagi. Jika yang diajak berjabat tangan berjenis kelamin sama, mereka mengendus 2 kali lebih sering dibandingkan sebelum berjabat tangan. Sedangkan jika yang diajak berjabat tangan berbeda jenis kelamin, yang diendus justru tangan yang tidak dipakai untuk jabat tangan.

“Orang secara konstan mendekatkan tangannya ke wajah, mengendusnya, dan mengalami perubahan perilaku setelah berjabat tangan. Ini menunjukkan bahwa jabat tangan juga merupakan perilaku chemosignalling,” kata Sobel, dikutip dari Newscientist.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s