:: 5 Hal Yang Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak Di Sekolah ::

5 Hal Yang Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak Di SekolahCNI Dc715 – Pendidikan anak adalah hal penting bagi setiap manusia. Orangtua akan melakukan apa saja untuk mengusahakan pendidikan tinggi untuk anaknya. Namun, orangtua juga harus memahami psikologi anak terhadap pelajaran yang diterima disekolah. Apakah pelajaran tersebut diterima atau tidak.

Jika tidak, orangtua juga harus mengerti penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi psikologi anak dalam merespon pelajaran anak di sekolah:

1. Intelegensi
Intelegensi atau kemampuan anak dalam mencapai prestasi. Bisa juga disebut kemampuan anak dalam memproses pelajaran. Kemampuan intelek anak mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap tinggi rendahnya potensi murid. Hal ini yang sangat mempengaruhi prestasi anak disekolah.

2. Motivasi belajar
Motivasi anak dalam belajar sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus benar-benar memotivasi anak Anda agar mau belajar dengan giat. Berikan reward saat anak Anda mendapatkan prestasi. Hal tersebut juga bisa dijadikan motivasi untuk Anda.

3. Perasaan, sikap, dan minat
Anda sebagai orangtua yang baik harus selalu mengerti perasaan, sikap, dan minat dari anak Anda. Pertimbangkan perasaan anak, saat Anda memaksakan kehendak Anda, yang pada dasarnya untuk kepentingan anak Anda.

Jika Anda memaksakan kehendak yang tidak sesuai dengan minat anak Anda, anak Anda akan menunjukkan sikap penolakan terhadap Anda. Hal tersebut akan mempengaruhi potensi pelaaran anak Anda di sekolah. Sehingga anak Anda akan malas untuk belajar.

4. Kesehatan
Perhatikan kesehatan anak Anda. Jika anak Anda kurang bisa maksimal belajar di sekolah atau di rumah bisa jadi kondisi kesehatan anak Anda sedang tidak baik.

Kondisi kesehatan sangat mempengaruhi prestasi di sekolah. Apabila anak dalam kondisi sakit, maka konsentrasi anak akan buruk sehingga pelajaran tidak bisa masuk dengan maksimal.

5. Lingkungan sekitar
Lingkungan sekitar anak Anda juga mempengaruhi daya serap pelajaran di sekolah. Jika lingkungan anak Anda merupakan lingkungan anak yang malas belajar, maka bisa saja anak Anda akan ikut terjerumus sehingga anak Anda akan malas belajar. Kenali lingkungan anak Anda dan pantaulah terus anak Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s