:: Meski Ditutup ‘Helm’ Khusus Sikat Gigi, Kuman Masih Bisa Berkembang Biak ::

Meski Ditutup 'Helm' Khusus Sikat Gigi, Kuman Masih Bisa Berkembang BiakCNI DC715 – Perhatikan dengan baik penggunaan dan penyimpanan sikat gigi di dalam kamar mandi. Sebab jika salah dalam penyimpanan, alat yang biasa digunakan untuk membersihkan ini justru bisa jadi sarang kuman.

Salah satu jenis bakteri yang bisa hinggap dan betah di sikat gigi adalah bakteri yang sama seperti di kotoran manusia atau disebut juga ‘fecal coliform’.

“Yang menjadi perhatian adalah bakteri yang hinggap tersebut tak cuma bisa datang dari kotoran Anda sendiri, tapi juga kotoran dari orang lain. Ini tentu sangat membahayakan,” ungkap Lauren Aber dari Quinnipiac University.

Aber melanjutkan, selama ini orang-orang kerap merasa sikat giginya sudah ‘aman’ dari bakteri dan virus jika sudah ditutup dengan helm khusus sikat gigi. Padahal menurut Aber, hal ini sama sekali tak memberikan perlindungan berarti.

“Menggunakan penutup sikat gigi tidak melindungi sikat gigi dari pertumbuhan bakteri. Ini justru menciptakan sebuah lingkungan yang lebih lembab, di mana bakteri lebih cocok untuk tumbuh,” imbuh Aber.

Ya, jika Anda selama ini terbiasa langsung meletakkan sikat gigi di tempatnya setelah dibilas tanpa dikeringkan, sebaiknya ganti kebiasaan tersebut. Hati-hati sikat gigi Anda berubah menjadi sarang bakteri.

“Bakteri tempat hidupnya itu di tempat lembab, nah kalau sikat gigi tidak dikeringkan kan berarti lembab. Air itu sangat banyak kemungkinannya membawa materi-materi yang sifatnya bisa berkembang biak, terutama suasana lembab atau basah,” ujar Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, FICD Lab BioCORE, dari FKG Universitas Trisakti.

Jika memang memungkinkan, sediakan tisu atau lap khusus, keringkan sikat gigi setiap kali selesai digunakan. Menurut Prof Melanie, tidak ada kebiasaan seperti ini tanpa disadari membuat orang kadang merasa sikat giginya sudah bersih tapi masih kerap mengalami radang gusi, sariawan, dan lain-lain. Ini adalah akibat dari adanya bakteri yang pindah dari sikat gigi ke rongga mulut.

Bakteri dalam hitungan detik dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Bila sikat gigi yang masih basah ditutup (jika ada penutupnya), maka akan lembab dan bakterinya langsung berkembang biak. (detik.health)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s