:: Empat Cara Segarkan Kembali Kinerja Otak ::

Empat Cara Segarkan Kembali Kinerja OtakCNI DC715 – Kesibukan padat, pekerjaan menumpuk, belum lagi dengan berbagai rutinitas lainnya yang menjemukan. Kalau sudah terjebak dalam kondisi seperti itu, Anda akan mudah stres dan salah-salah jadi gampang depresi. Wah, gawat kan?

Nah, untuk bisa terhindar dari stres dan kestabilan mental tetap terjaga, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih. Dilansir dari psychologium.com, ide-ide cemerlang paling mudah muncul ketika otak kita mendapat istirahat yang cukup, artinya kita perlu memastikan kalau kinerja otak tak diforsir terlalu berat dan mendapat jatahnya untuk istirahat. Supaya otak bisa kembali berfungsi dengan baik, Anda bisa coba lakukan empat hal ini. Yuk, langsung kita simak uraiannya di bawah ini.

Pejamkan Mata dan Tarik Napas Dalam-Dalam
Pejamkan mata Anda, tarik napas dalam dan perlahan. Biarkan pikiran Anda istirahat sejenak. Cara ini bisa mengistirahatkan otak Anda dari berbagai macam beban dan tekanan yang dirasakan.

Melamun
Wah, cara yang satu ini terbilang unik, ya. Mungkin sedikit mengejutkan tapi ternyata cara ini juga cukup ampuh untuk membantu Anda mengistirahatkan otak Anda. Anda pasti pernah tiba-tiba merasa mendapatkan ide baru atau gagasan baru saat Anda sedang tak melakukan apapun dan membiarkan diri Anda melamun. Saat otak berada dalam kondisi rileks, maka kemampuan mental dan produktivitas bisa meningkat.

Istirahat
Sel-sel otak yang disebut neuron diibaratkan bekerja sebagai satu tim. Semua sel tersebut butuh kadar “bahan bakar” yang sama untuk bisa berfungsi dengan baik. Saat Anda bekerja dalam waktu lama, maka makin banyak neuron yang digunakan. Sehingga otak kita akan butuh lebih banyak “bahan bakar” lagi. Nah, dengan istirahat, otak kita punya waktu untuk “mengisi bahan bakar” kembali.

Tidur Cukup
Tidur sangatlah penting untuk membuat tubuh berfungsi sempurna, termasuk otak. Kalau tidur saja kurang, maka fungsi otak tidak bisa optimal. Kalau fungsi otak kurang optimal, konsentrasi akan makin sulit dan berpikir pun tak bisa jernih. Saat tidur, otak akan terus bekerja. Semua hal yang sudah kita serap akan dihubungkan dengan pengalaman dari masa lalu dan memori lainnya. Informasi pun akan terserap dengan lebih baik.

Demi kesehatan pikiran, kita memang perlu meluangkan waktu secara khusus untuk mengistirahatkan otak. Jadi, apakah Anda sudah memanjakan otak Anda hari ini? (vemale)

Advertisements

One thought on “:: Empat Cara Segarkan Kembali Kinerja Otak ::

  1. I do not even know the way I finished up right here, however I
    assumed this publish was once great. I don’t recognise who you’re however
    certainly you are going to a well-known blogger when you are not
    already. Cheers!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s