:: Bolehkah Mandi Saat Tubuh Berkeringat? ::

Bolehkah Mandi Saat Tubuh BerkeringatCNI DC715 – Pasti segar jika bagian tubuh yang berkeringat dibasuh dengan air. Namun, bagaimana jika saat tubuh berkeringat lantas seseorang langsung mandi?

“Mau istirahat dulu, mengeringkan keringatnya nggak apa-apa sebetulnya. Mau langsung mandi pun nggak apa-apa, kalau dibilang bisa menimbulkan panu atau masuk angin gitu, mitos,” kata dr Atika dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Menurut dr Atika, khususnya pada atlet yang ngaso terlebih dulu setelah berolahraga, menunda waktu mandi lebih bertujuan untuk relaksasi otot supaya suhu tidak terlalu tinggi.

Hal terpenting menurut dr Atika sehabis beraktivitas di luar rumah apalagi sampai berkeringat, saat tiba di rumah baiknya segera mandi. Sebab, saat itulah tubuh membawa kuman dari luar rumah.

“Ketika berkeringat, tubuh rentan terhadap serangan kuman. Lalu mandi yang tidak bersih ditambah potensi sentuhan pada permukaan yang mengandung kuman akan meningkatkan potensi terjadinya infeksi di kulit, termasuk area tubuh yang tertutup pakaian,” kata dr Atika.

dr Atika menuturkan saat mandi penting untuk memperhatikan tujuh area tubuh. Yakni menggosok bagian belakang telinga, leher, punggung, ketiak, lipatan tubuh termasuk lipatan tangan, selangkangan, serta kaki termasuk sela jari kaki.

Berdasarkan data Journal of Investigative Dermatology Symposium Proceedings, tujuh area tersebut merupakan area yang paling banyak mengandung kuman karena merupakan lipatan kulit. Area tersebut juga memiliki tingkat kelembaban paling tinggi dengan jumlah kuman terbanyak sampai jutaan bakteri dalam satu cm.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s