:: Perhatikan Wajah Anak Tampak Lebih Tua Dari Seumurnya, Bisa Jadi Tanda Kurang Gizi ::

Perhatikan Wajah Anak Tampak Lebih Tua Dari Seumurnya, Bisa Jadi Tanda Kurang GiziCni DC715 – Anak yang sedang dalam proses pertumbuhan membutuhkan makanan yang bernutrisi dan bergizi. Anak yang cenderung susah makan bisa menyebabkan pemenuhan gizi yang tidak tercukupi sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi anak. Salah satu tandanya adalah wajah yang terlihat tua kendati usianya masih anak-anak.

“Pemberian gizi yang tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat menyebabkan pertumbuhan anak tersebut mengalami gangguan,” ucap dr Attila Dewanti, SpA (K), dokter spesialis anak konsultan neurologi, yang merupakan salah satu pembicara di Parenting Club Talkshow, Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta.

Kekurangan nutrisi atau gizi menyebabkan dampak gagal tumbuh pada anak yakni perkembangan motorik lambat, gangguan fungsi kognisi, gangguan pertumbuhan otak, hingga prestasi belajar yang buruk.

“Perlu untuk memperhatikan keseimbangan gizi pada anak. Misalnya saja jika anak satu tahun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia pada anak,” ungkap dr Attila.

Secara klinis, anak yang kekurangan gizi memiliki ciri badan yang kurus sekali, muka seperti tua, iga gambang, dan lainnya. Selain itu, anak tersebut memiliki berat badan di bawah standar kurva.

Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan kandungan gizi pada makanan anak dan mencoba menangani kesulitan makan pada anak dengan bimbingan yang baik.

Selain itu, gangguan tumbuh kembang anak selain dipengaruhi oleh faktor nutrisi juga dipengaruhi oleh faktor genetik serta hormonal dan psikososial. (detik.health)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s