:: Tidak Konsentrasi? Mungkin Anda Kurang Tidur ::

Tidak KonsentrasiCNI DC715 Tidak sedikit orang yang sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaannya baik di kantor, kampus, atau sekolah. Hal ini bisa saja bermula dari hilangnya konsentrasi mereka, sehingga tidak bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Anda tahu bahwa tidur adalah kebutuhan manusia yang juga menjadi prioritas utama, namun kebanyakan orang masih saja suka tidur malam atau begadang. Jika tubuh kurang istirahat, banyak sekali dampak negatif yang akan timbul, salah satunya adalah hilang fokus.

Seperti dilansir dari fitnessmagazine.com, seorang dokter mengatakan bahwa fokus, ingatan dan kreativitas kita akan sangat berkurang jika kita kurang tidur. Anda bisa saja lupa apa kata teman Anda setelah 10 menit berlalu atau Anda lupa apa yang harus dilakukan, padahal Anda baru saja memikirkannya 10 detik yang lalu.

Tingkat stres akan melonjak tajam dan produktivitas akan menurun drastis dan bahkan Anda akan lamban dalam berpikir jika jam tidur Anda kurang dari tujuh jam per hari. Anda jadi sulit multitasking karena Anda sulit berkonsentrasi (meskipun memang kebanyakan multitasking juga tidak baik). Mengerjakan sesuatu juga jadi tidak sepenuh hati karena tubuh merasa lelah atau mengantuk.

Jika Anda tidak punya masalah insomnia, tentu saja cara mengatasinya adalah dengan tidur lebih awal atau tidak begadang. Hentikan kegiatan mengecek, posting atau stalking di social media, jauhkan dan matikan gadget Anda dari tempat tidur saat sudah berbaring di atas ranjang (karena mungkin Anda akan cenderung mengecek gadget jika tidak dimatikan).

Minum dan makan makanan yang akan membuat Anda rileks dan mudah mengantuk seperti susu, teh hangat dan makanan berkarbohidrat. Matikan lampu saat tidur dan buat tempat tidur senyaman mungkin. Semudah itu sebenarnya, jika memang tidak ada hal penting lagi yang bisa dikerjakan, pastikan Anda tidur tidak lebih dari jam 10 malam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s