:: 6 Tanda Mood Swing Perlu Diperhatikan ::

6 Tanda Mood Swing Perlu DiperhatikanCNI DC715 Mood swing adalah perubaan suasana perasaan dalam waktu singkat. Kalau kata anak sekarang sih, mood swing itu adalah fase dimana kita mendadak bete.

Mood swing jangan dianggap remeh atau disepelekan, karena jika sudah memiliki Mood swing yang tinggi ini akan berdampak pada kelainan psikologis yaitu bipolar disorder. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika sering-sering mengecek apakah mood swing anda masih bisa di atasi atau sebaliknya yaitu berdampak sampai pada merugikan orang lain. Misalnya saja bisa mempengaruhi hubungan interpersonal (dengan orang lain). Karena saat suasana atau pikiran tidak jernih dalam menyampaikan suatu informasi, mau tidak mau cara kita menyampaikan informasi tersebuat sering kali ditanggapi secara terbalik oleh orang lain. Yang berakibat akan salah tanggap atau missunderstanding yang selanjutnya akan menimbulkan percekcokan.
Untuk mengetahui apakah mood swing yang Anda alami masih normal atau sudah di luar batas, simak enam gejala berikut.

Gejalanya hanya emosional
Bila Anda menghadapi PMS (premenstrual syndrome), Anda juga akan mengalami gejala fisik seperti perut kembung, payudara nyeri, dan diikuti dengan gejala emosional seperti mood swing. “Jika gejala itu kebanyakan emosional, dan sangat mengacaukan hidup Anda, kemungkinan Anda mengalami PMDD (premenstrual dysphoric disorder),” ujar Patricia J. Sulak, MD, profesor kebidanan dan kandungan di Texas A&M Health Science Center College of Medicine, dan direktur program pendidikan seks remaja di Scott & White Clinic and Memorial Hospital, di Temple.

Anda mengalami depresi yang parah
Jika Anda merasa sedikit down seminggu sebelum mens, namun merasa baik-baik saja sesudahnya, bisa dipastikan Anda hanya mengalami PMS. Tetapi jika depresi pra menstruasi ini mengacaukan pekerjaan dan hubungan Anda, ada kemungkinan PMDD yang jadi penyebabnya. Apalagi jika depresi itu tak juga hilang sepanjang bulan, mungkin Anda sedang mengidap penyakit lain yang mendasar.

Anda mudah marah, gelisah, dan gampang menangis
Meskipun Anda tidak mengalami depresi, adanya gejala seperti di atas bisa merupakan pertanda Anda mengidap PMDD. Masalahnya, Anda tidak tahu apakah gejala tersebut kadarnya normal atau tidak. Apalagi, saat kita menghadapi hari-hari yang begitu sibuk, kita juga sering merasa ucapan atau tindakan orang lain bisa sangat mengganggu.

Ada perasaan meluap-luap dan melebihi batas
Normal saja jika Anda merasa kewalahan ketika harus membagi waktu, tenaga, dan pikiran, antara mengurus anak, pekerjaan, dan masalah pribadi. Namun ketika gelombang perasaan tersebut mengancam diri Anda, bisa jadi itu gejala PMDD.

Anda sulit berkonsentrasi
Penurunan memori atau konsentrasi, seperti lupa menaruh kunci atau mengingat nama seseorang, biasa kita alami. Namun ketika gejala ini mulai mengacaukan hidup Anda dengan serius, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter. “Perempuan yang mengidap PMDD biasanya mengatakan, ‘Aku tidak bisa menyelesaikan pekerjaan’. Tetai mereka merasa itu hanya karena mereka tidak produktif saat ini,” ujar Dr Currier.

Durasi gejalanya
Apapun gejala yang Anda alami, seharusnya sudah lenyap dalam sehari atau dua hari setelah Anda menstruasi. Tetapi Anda perlu bertanya pada dokter mengenai kemungkinan PMDD kalau gejala tersebut sudah sangat mengganggu, dan masih terjadi pada awal menstruasi Anda berikutnya. “Gejala semacam itu umumnya menjadi masalah seminggu sebelum masa menstruasi, dan akan mereda pada hari kedua mens,” tukas Dr Currier. Ketika gejala yang Anda rasakan tidak datang bersamaan dengan masa menstruasi, mungkin Anda mengalami gangguan kecemasan. Saat itulah mungkin Anda menghadapi PMDD. (kompas.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s