:: Beragam antioksidan ::

Beragam antioksidanCNI DC715 Menurut dr Bing, tubuh juga memerlukan pasokan antioksidan terbebasa dari paparan radikal bebas. “Dan sumber antioksidan itu berasal dari buah, sayuran, suplemen, serta air,” tambahnya.

Tugas vitamin C misalnya, fokus pada pencegahan agar rantai reaksi radikal bebas tidak sampai terjadi. Vitamin C akan menangkap radikal bebas dan menjinakannya. Sementara vitamin E bertugas memutus rantai reaksi radikal bebas yang sudah terjadi.

Selain vitamin C,E, dan betakaroten yang sangat populer, ada pula flavonoid dan polifenol. Flavonoid merupakan jenis antioksidan terbanyak. Para peneliti setidaknya telah mengidentifikasi sekitar 5000 jenis flavoid dalam berbagai makanan.

Polfenol lebih sedikit jumlahnya, tetapi tak kalah potensinya. Dalam sebuah studi menggunakan bluberi yang kaya polifenol terlihat antioksidan ini dapat mencegah kekambuhan kanker mulut.

Sinergi dari vitamin A,C,E, betakaroten, dan lainnya itu akan menetralisasi radikal bebas. Karena itu, kita tidak bisa mengandalkan hanya salah satu misalnya mengkonsumsi panci brokoli saja, atau wortel saja, atau apel saja dalam sehari.

Tubuh memerlukan vitamin dan mineral antioksidan dari beragam makanan karena setiap tipe antioksidan bekerja pada jaringan tubuh atau sel yang berbeda.

Jadi penting mengisi piring akan kita dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sumber nutrisi lain setiap kali kita makan.

Seandainya sulit memenuhi tubuh dengan berbagai vitamin dan mineral antioksidan, suplementasi bisa menjadi pertimbangan, asalkan konsumsinya sesuai aturan yang ada atau sudah dikonsultasikan dengan ahlinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s