:: Ingin Lancar BAB Setiap Hari, Lakukan 4 Hal Ini ::

Ingin Lancar BAB Setiap HariCNI DC715 Konstipasi atau sulit buang air besar (BAB) membuat perut terasa sakit dan melilit. Jika sudah begitu, tentunya akan berdampak kepada aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
1. Makan Pepaya
Kurangnya asupan serat juga ditengarai merupakan penyebab sulit BAB. Karena itu dokter menyarankan agar kebutuhan serat untuk tubuh harus dipenuhi tiap harinya, dengan makan buah-buahan atau sayuran misalnya. Salah satu buah yang paling baik untuk melancarkan BAB adalah pepaya. Pepaya dipercaya mempunyai kandungan serat yang tinggi dan bersifat melembabkan feses.

2. Minum Air Putih
Kurang minum air putih menjadi penyebab utama seseorang sulit BAB. Untuk itu, sebaiknya penuhi kebutuhan air putih 2 liter per hari. Minum air putih ketika menjelang tidur dan bangun tidur juga membantu kelancaran BAB. Minum air putih di pagi hari ketika bangun akan membuat saluran pencernaan kontraksi dan membantu kelancaran buang air besar.

3. Minum Soda
Penggunaan soda untuk melancarkan buang air besar sebenarnya bukan hal baru. Di dunia medis, air putih yang dikarbonasi sering disebut sebagai sparkling water atau carbonated water.

Reaksi letupan yang dirasakan ketika minum soda tak hanya menyegarkan tenggorakan, namun juga dipercaya membuat perut dan saluran pencernaan terasa lebih nyaman.

4. Gunakan Toilet Jongkok
Manfaat toilet jongkok sebagian besar berasal dari peningkatan sudut anorektal, yaitu penegakan tabung yang dilalui tinja untuk keluar dari tubuh. Sambil duduk, lintasan ini menjadi bengkok sehingga membutuhkan lebih banyak usaha untuk memungkinkannya dilewati oleh kotoran. Sedangkan posisi jongkok meluruskan sudut anorektal, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s