:: Kunci Agar Terhindar dari Osteoporosis ::

2 Kunci Agar Terhindar dari Osteoporosis Meski Sudah Lanjut UsiaCNI DC715 Osteoporosis kerap dianggap sebagai penyakit wajar yang dialami orang-orang ketika usianya makin bertambah. Meski demikian, bukan berarti sejak usia muda tak bisa dilakukan pencegahan agar tak terkena osteoporosis di kemudian hari.

Seperti penuturan Dr Àndrew Quoc Dutton, ahli bedah ortopedi SMG Orthopaedic Clinic Singapura, tetap aktif dan memenuhi kebutuhan kalsium adalah kunci agar tulang tetap sehat meski sudah lanjut usia.

“Lakukan olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan dan hobi. Penuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi asupan tinggi kalsium seperti keju, yoghurt, brokoli, salmon, kacang kedelai, ikan sarden, dan oatmel,” kata Dr Andrew ditemui di SMG Orthopaedic Clinic, Singapura.

Jika tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium melalui asupan sehari-hari, Dr Andrew menegaskan boleh-boleh saja Anda mengonsumsi suplemen kalsium jika dibutuhkan. Tetapi, sebelumnya konsultasikan dulu suplemen paling tepat untuk Anda dengan dokter pribadi. Lantas, perlukah konsumsi susu khusus untuk menjaga kekuatan tulang?

Pengeroposan tulang akibat osteoporosis memang bisa membuat pengidapnya mengalami penurunan kekuatan tulang. Namun, kondisi ini kerap disalahartikan dengan osteoarthritis yang memiliki gejala adanya rasa nyeri di lutut.

Dikatakan Dr Andrew, osteoporosis memang umumnya dialami oleh para lansia karena beriringan dengan menurunnya kekuatan tulang akibat bertambahnya usia. Berbeda dengan osteoarthritis yang bisa juga dialami orang usia muda karena faktor keturunan, cedera, obesitas, dan struktur otot yang lemah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s