:: Stres Tingkatkan Resiko Osteoporosis Pada Wanita ::

Stres Tingkatkan Resiko Osteoporosis Pada WanitaCNI DC715 Studi yang dilakukan oleh University of Eastern Finland menyebutkan bahwa wanita yang selalu berpikir positif dan bahagia berpeluang untuk memiliki kepadatan tulang lebih besar saat tua kelak, jika dibandingkan mereka yang sebaliknya. Ini berarti akan berpengaruh juga pada risiko osteoporosis mereka.

Osteoporosis adalah penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang karena berkurangnya kepadatan tulang, terutama pada wanita pasca-menopause.

Rendahnya tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan merokok sering disebut-sebut sebagai penyebab utama osteoporosis, tetapi faktor-faktor psikologis seperti stres dan depresi juga berperan besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Misalnya, stres jangka panjang dapat menyebabkan orang berkeinginan untuk merokok dan membuat mereka malas olahraga.

Faktanya, stres yang berhubungan dengan depresi dapat menyebabkan metabolisme menjadi tak beraturan dan pada akhirnya memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan tulang, demikian dikutip dari NY Daily News.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine ini menyimpulkan bahwa hidup optimistis dan bahagia sejak muda tak cuma membuat para wanita saat menua kelak hidup sejahtera secara psikologis, tapi juga berpeluang memiliki tulang yang lebih sehat. (detikHealth).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s