:: Mengapa Asam Folat Penting Saat Hamil? ::

Mengapa Asam Folat Penting Saat HamilCNI DC715 Latar belakang mengapa asam folat penting, karena ada penemuan oleh para ilmuwan yang mengatakan bahwa risiko cacat tabung saraf—cacat lahir pada tulang belakang dan otak—menurun ketika seorang perempuan hamil mengonsumsi cukup asam folat sebelum dan selama kehamilan.

Asam folat (folic acid), yang merupakan bentuk sintetis dari folat (folate), adalah vitamin B yang bisa ditemukan dalam makanan seperti sereal, sayuran hijau, jeruk dan jus jeruk, kacang, asparagus, bayam, dan lentil. Namun, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang dibutuhkan untuk mencegah cacat tabung saraf, dokter akan menyarankan Anda minum vitamin prenatal atau multivitamin dengan 400 mcg (mikrogram) asam folat setiap hari. Waktu terbaik untuk mulai minum vitamin prenatal adalah sebelum Anda hamil.

Namun saat mulai hamil pun tidak mengapa baru mengonsumsi folat. Asam folat merupakan vitamin sangat penting dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Anda dapat membeli vitamin prenatal di apotik manapun. Tetapi untuk memastikan asam folat terbaik, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Dokter kadang-kadang meresepkan suplemen asam folat tambahan untuk perempuan yang beresiko tinggi melahirkan bayi cacat. Namun tetap berhati-hati mengonsumsi asam folat meskipun sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter. Minumlah sesuai resep karena dosis tinggi vitamin dan mineral tertentu dapat membahayakan bayi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s