:: Cara Mudah Mengusir Stres ::

Cara Sederhana Mengusir StresCNI DC715 Stres bisa muncul akibat kinerja tiga hormon dalam tubuh adrenalin, norepinephrine, kortisol. Dalam beberapa kasus tiga hormon ini bisa bermanfaat. Namun terlalu banyak memproduksi hormon stres juga tak baik untuk kesehatan.

Maka tak heran, stres berkepanjangan bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah, kadar gula darah tinggi bahkan menyebabkan kerusakan organ tubuh.

Jika cara kita mengatasi stres dengan memarahi rekan kerja atau membanting barang, Itu jelas salah. Untuk itu, menjadi hal yang sangat penting untuk memerangi stres. Ada beberapa cara asik, mengusir stres, berikut seperti dilansir zeenews:

Terapi musik
Mendengarkan musik yang menenangkan, dapat mengatasi stres. Penggabungan psikologis dan konseling dari musik dapat bertindak sebagai terapi penyembuhan untuk depresi.

Jalan-jalan
Melakukan aktivitas jalan di taman atau keliling komplek menjadi kegiatan yang murah, rendah risiko dan termasuk bagian dari olahraga yang paling mudah dilakukan. Berjalan santai sore hari atau pagi hari bisa memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesehatan mental dan ketenangan.

Meditasi
Ini merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi stres. Sesuai penelitian, melakukan 25 menit meditasi berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk lebih kuat menghadapi tekanan.

Pijat
Melakukan pemijatan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu mengurangi stres. Menggunakan minyak pijat beraroma teh dan bunga-bunga dikenal dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan.

Tidur cukup
Kebanyakan dari Anda tidak peduli dengan jadwal tidur. Sebenarnya, waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam sehari. Bukan tanpa alasan karena dapat membuat relaks pikiran dan mengurangi tingkat stres.

Jauhi media sosial dan ponsel
Ini menjadi hal yang sulit dihindari di era digital. Ponsel dan media sosial seperti kebutuhan primer bagi masyarakat. Padahal bila Anda menghindari dua hal ini, tingkat stres dalam diri bisa dikurangi. Simpan ponsel Anda, pergi menghirup udara segar dan rasakan perbedaannya.

Tertawa
Tertawa adalah obat terbaik untuk segala usia. Setiap kali Anda menghadapi situasi yang sangat tertekan dan stres, cobalah tertawa atau setidaknya tersenyum. Sebab, dua hal tersebut dapat melepaskan endorfin yang mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

(VIVAlife)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s