:: Ternyata Stres Bisa Menular ::

Ternyata Stres Bisa MenularCNI DC715 – Sebuah studi baru menunjukkan, tak hanya bisa mengganggu diri sendiri, stres juga bisa menular dan mengganggu orang-orang di sekitar kita.

Para peneliti dari Max Planck Institute for Cognitive and Braind Sciences and Technische Universität Dresden mengungkapkan, saat seseorang mengamati orang lain yang berada dalam situasi stres, maka secara tidak langsung akan terjadi peningkatan hormon stres dalam tubuh mereka sendiri.

“Fakta bahwa kita benar-benar bisa mengukur “stres empatik” ini dalam bentuk pelepasan hormon yang signifikan adalah sebuah temuan yang menakjubkan,” kata peneliti studi Veronika Engert, dari Max Planck Institute.

Hasilnya, sebagian besar orang-orang yang “dipersiapkan” untuk stres mengalami peningkatan hormon stres, kortisol, yakni sebesar 96 persen.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan, sekitar 26 persen dari kelompok pengamat mengalami peningkatan kortisol sebagai akibat dari stres empatik, stres yang juga bisa menular meski mereka tidak secara langsung terkena stres. Persentase itu bahkan lebih tinggi pada kelompok pengamat yang yang melihat orang yang dikasihinya (dihadapkan pada tugas-tugas yang membuat mereka stres), yakni sebesar 40%.

Meskipun persentase orang yang mengalami peningkatan kortisol dari “menonton” pasangan mereka (menyelesaikan tugas yang membuat stres) lebih tinggi, sekitar 30 persen, saat mereka mengamatinya di dalam kehidupan nyata (melalui cermin satu arah), tingkat kortisol masih alami peningkatakn sekitar 24 persen dari pengamat ketika mereka menyaksikan melalui transmisi video.

Para peneliti mengungkap, temuan ini menunjukkan, hal-hal seperti menonton momen stres di TV mungkin cukup untuk meningkatkan kadar kortisol. (Huffingtonpost)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s