:: Mengenal Sinyal Penyakit Melalui Mata ::

Mengenal Sinyal Penyakit Melalui MataCNI DC715 Mata ternyata lebih dari sekadar jendela jiwa. Indera penglihatan ini juga dapat menjadi jendela untuk melihat ada tidaknya gangguan kesehatan yang kita alami.

“Mata adalah tempat pertama di tubuh yang bisa dipakai dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi,” kata Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center.

Itu sebabnya, terkadang dokter mata adalah orang pertama yang menemukan adanya penyakit serius pada pasien diabetes atau tekanan darah tinggi. Bahkan 65 persen dokter mata mampu mengenali kadar kolesterol yang tinggi pada pasien sebelum dokter lain.

Simak gangguan kesehatan yang bisa dilihat dari mata. Anda akan terkejut.

1. Arteri pada mata berwarna keperakan
Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadari akan kondisinya. “Kita bisa melihat kondisi hipertensi melalui mata karena kondisi itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperekan sehingga sering disebut dengan kabel perak,” kata Reddy.

2. Bintik pada lapisan dalam mata
Sinar matahari bukan hanya dapat merusak kulit, tapi juga mata. Pada kondisi terburuk, paparan sinar matahari bisa memicu kanker di dalam bola mata yang disebut juga dengan melanoma mata. “Kanker bisa terlihat seperti titik kecil pada lapisan pigmen mata,” kata Sophie J.Bakri, dokter mata dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesotta.

3. Pembuluh darah tampak jelas
Kadar gula darah yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah di retina sehingga menyebabkannya lebih mudah pecah. Dokter mata kerap mendapati pembuluh darah baru yang abnormal di mata sebagai pengganti pembuluh darah yang pecah. Lebih lanjut, penyakit diabetes juga dapat merusak saraf di bagian mata sehingga menyebabkan kebutaan.

4. Inflamasi
Gangguan autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang sel-sel yang sehat akan memicu inflamasi, termasuk di bagian mata. Gejala inflamasi yang sering ditemui antara lain pembengkakan pada permukaan okular, gatal, dan mata kering. Ini bisa menjadi pertanda penyakit lupus atau artritis reumatoid.

5. Pembengkakan pembuluh darah di mata
Alergen yang ada di udara seperti debu, bulu binatang, atau serbuk bunga bisa memengaruhi mata. Secara alami, mata akan memproduksi histamin dan zat-zat kimia lain untuk melawan alergen. Proses ini bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di mata sehingga bagian putih pada bola mata tampak memerah dan gatal. (Health)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s