:: Bukan Cuma Wortel, Makanan Ini Juga Bantu Perbaiki Penglihatan ::

Bukan Cuma Wortel, Makanan Ini Juga Bantu Perbaiki PenglihatanCNI DC715. Selama ini, kita selalu mendengar bahwa wortel sangat bagus untuk penglihatan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukan cuma wortel yang dapat mencegah penyebab hilangnya penglihatan.

“Wortel sebenarnya hanya satu dari banyak makanan dan suplemen yang berkontribusi terhadap kesehatan mata,” ucap James McDonnel, dokter spesialis mata anak di Loyola University Health System, seperti dikutip dari CBS News. “Pada beberapa kasus, penglihatan dapat menjadi lebih baik bergantung pada apa yang Anda makan,” imbuhnya.

Peneliti telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat mencegah degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan dan masalah penglihatan untuk orang-orang di usia menengah dan usia lanjut. Degenerasi makular memengaruhi sekitar 1,8 juta orang Amerika di atas usia 40 tahun dan Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa jumlah diperkirakan meningkat menjadi 2,95 juta pada akhir dekade.

“Efek sampingnya berbahaya. Hal itu membuat Anda lemah. Anda tidak dapat membaca, mengemudi, dan melihat orang Anda sayangi,” ucap Jennifer Trainer Thompson, yang merupakan penulis buku masak untuk kesehatan mata. Jennifer dan dr Johanna Seddon, dokter mata dan peneliti, bekerja sama untuk menulis buku masak berjudul ‘Eat Right for Your Sight’ yang memberikan panduan untuk menjaga mata dimulai dari dapur sendiri. Di dalam buku dijelaskan kombinasi makanan dari berbagai warna yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata.

“Bayangkan warna merah pada paprika dan buah delima, ungu pada buah bit, hijau pada sayuran, dan kuning pada butternut squash. Semuanya adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Vitamin A dan E, asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan memberikan dampak bagi penglihatan,” ucap Jennifer.

Jennifer juga mengatakan bahwa resep yang ada dalam buku adalah diet yang segar. “Ini berisi resep yang sederhana dan mudah untuk disiapkan. Cara membuatnya tidak repot dan bahan-bahannya memiliki rasa alami,” imbuhnya. Contoh resepnya adalah menambahkan kubis ke dalam blueberry smoothie atau menyelipkan buat bit dalam cupcake cokelat dan yogurt cokelat beku. Makanan juga dipasangkan seperti bayam dan jeruk untuk penyerapan zat besi dan vitamin C maksimal.

“Ketua American Macular Degeneration Foundation didiagnosis pada usia 39 tahun. Ia sekarang berusia 60-an tahun dan setelah dua dekade menjalani makan dengan baik dan berusaha menghilangkan faktor risiko lainnya, ia masih dapat mengemudi dan membaca. Ini menunjukkan makanan yang dimakan bisa memengaruhi penglihatan Anda,” ujar Jennifer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s