:: Cukup Kukus 3 Menit, Agar Zat Antikanker Brokoli Tidak Hilang ::

Cukup Kukus 3 Menit, Agar Zat Antikanker Brokoli Tidak HilangCNI DC715 – Brokoli menjadi salah satu obat kanker dari jenis makanan. Sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis ini memiliki kandungan antioksidan kuat yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Namun brokoli tidak boleh dimasak asal-asalan. Pasalnya, zat aktif di dalamnya bisa rusak kalau pengolahannya salah.

Sayur ini tidak boleh direbus terlalu lama. Cara yang paling disarankan untuk memasaknya yaitu dengan melakukan pengukusan hanya selama 3 menit setelah air kukusan mendidih. Mengukus brokoli berguna meningkatkan zat antikanker di dalamnya sehingga masih bermanfaat dalam melawan radikal bebas pada tubuh.

Brokoli memiliki enzim myrosinase yang berguna dalam memunculkan zat sulforaphane. Sulforaphane inilah antioksidan yang berguna sebagai antikanker. Memasak brokoli dengan memanaskannya terlalu lama akan merusak enzim tersebut sehingga sulforaphane gagal dibentuk.

“Cara mengolah makanan saat ini lebih mementingkan bagaimana agar rasanya lebih enak, tampilannya juga lebih menarik. Tapi seharusnya pemrosesan makanan lebih difokuskan pada bagaimana caranya agar kandungan bioaktif pada makanan -yang mencegah kanker- sampai ke sistem pencernaan dalam bentuk yang bisa langsung digunakan tubuh,” kata Dr Elizabeth Jeffrey, peneliti dari Universitas Illinois, seperti dikutip dari Daily Mail.

Enzim myrosinase bukan hanya bisa didapatkan dari brokoli. Sayuran lain juga memiliki enzim serupa, di antaranya mustard, lobak, wasabi dan tanaman kubis-kubisan. Jangan lewatkan makanan Anda dengan menu sayuran ini untuk mencegah dan menekan sel tumor maupun kanker dalam tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s