:: Memilih Vitamin yang Tepat bagi Keluarga ::

Memilih  Vitamin yang Tepat bagi KeluargaCNI DC715 Vitamin adalah sebuah zat yang sangat penting bagi tubuh agar tercipta kestabilan dan kesehatan. Namun, untuk setiap orang terdapat perbedaan dalam kebutuhan vitamin, tergantung kondisi badan, usia, keadaan fisik, dan lain sebagainya.

Dalam keluarga pun, asupan gizi dan vitamin yang diperlukan akan berbeda-beda. Yang dibutuhkan oleh ibu adalah vitamin ini, dan yang dibutuhkan oleh anak kecil kita adalah vitamin ini.

Untuk mengetahui vitamin apa yang cocok untuk setiap anggota keluarga, pada artikel ini kami akan coba jelaskan apa dan bagaimana cara memilih asupan vitamin untuk keluarga yang sesuai.

1. Kebutuhan vitamin untuk anak-anak
Anak-anak adalah masa di mana manusia mengalami pertumbuhan. Dan di usia pertumbuhan ini struktur tulang anak akan mengalami pembentukan secara sempurna, dan hanya dialami sekali dalam seumur hidup.

Maka dari itu bagi anak anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan, maka memilih asupan vitamin untuk keluarga yang anaknya masih kecil adalah dengan memberikannya banyak kalsium.

Untuk mendapatkan kalsium ini, maka anak kita bisa mengkonsumsi makanan dan minuman seperti susu, sayuran dan keju. Selain kalsium, ada zat lain yang dibutuhkan oleh anak anak, yaitu zat besi. Zat yang nutrisinya sangat esensial untuk anak anak agar pertumbuhan tubuh dan daya pikirnya bisa terbantu.

Untuk kebutuhan zat besi bagi anak anak adalah sebesar 15 mg perhari untuk remaja putri dan sebesar 11 mg untuk anak remaja putra.

2. Kebutuhan vitamin untuk orang tua
Suami dan istri atau orang tua memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda dengan anak anak. Untuk ibu hamil misalnya, kebutuhan asam folat menjadi lebih banyak, agar bayi yang ada di dalam kandungannya lahir dengan normal dan terhindar dari kecatatan.

Bagi orang dewasa, selain untuk membantu perkembangan bayi, ternyata bagus juga untuk menyelamatkan kita dari serangan jantung. Untuk ukuran ideal asam folat yang dibutuhkan tubuh kita adalah sekitar 500 mg perhari untuk ibu hamil dan 400 mg perhari untuk orang dewasa.

Selain asam folat, orang dewasa umumnya membutuhkan vitamin D yang berfungsi sebagai pencegah kanker dan penambah umur panjang. Untuk dosisnya sendiri vitamin D yang dibutuhkan oleh seorang dewasa adalah 1000 IU.

3. Kebutuhan vitamin bagi lansia
Untuk lansia (orang yang lanjut usia), vitamin yang dibutuhkannya adalah vitamin B12 yang fungsinya bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga agar otak kita tetap tajam. Untuk ukuran idealnya, para lansia umumnya membutuhkan asupan vitamin B12 sebanyak 2,4 mg setiap harinya.

Selain itu lansia juga membutuhkan asupan vitamin D dan kalsium, agar terhindar dari osteoporosis (pengeroposan tulang). Untuk ukuran idealnya, para lansia membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.200 mg setiap harinya, yang harus disuplai juga dengan asupan vitamin D sebesar 1000 IU agar penyerapan kalsiumnya semakin cepat. (perempuan.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s