:: Air Liur Bisa Deteksi Keberadaan Penyakit Alzhwimer ::

Air Liur Bisa Deteksi Keberadaan Penyakit AlzhwimerCNI DC715 Salah satu penyakit yang menyerang di usia lansia adalah Alzheimer. Biasanya penyakit ini baru menyerang pada mereka yang berusia 60 tahun. Ternyata, sebelum penyakit ini menyerang bisa diketahui dengan mengecek air liur.

Pada acara tahunan Alzheimer’s Association International Conference, peneliti mengatakan mereka telah menemukan serangkaian zat dalam air liur yang berbeda antara orang-orang yang mengalami penuaan secara normal, orang dengan mild cognitive dementia, dan penyakit Alzheimer.

Hal ini disampaikan Sharaddha Sapkota, seorang mahasiswa pasacarsarjana di ilmu saraf University of Alberta, Kanada dan rekan-rekannya. Hasilnya, para ilmuwan menemukan pola senyawa yang berbeda yang menentukan seseorang berisiko tinggi mengembangkan degeneratif otak dalam kondisi lebih serius.

Memang perbedaannya belum begitu kentara, namun itu jadi tujuan penelitian selanjutnya seperti diungkap Sapkota dikutip Time.

Lalu, untuk menghindari Alzheimer, Sapkota menyarankan para dokter yang menangani mereka dengan kondisi mild cognitivedementia fokus menangani pasien yang berisiko tinggi mengalami Alzheimer baik lewat tes teratur dan perawatan intensif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s