:: Perhatikan! Air Minum dalam Kemasan Juga Bisa Kedaluwarsa ::

Perhatikan! Air Minum dalam Kemasan Juga Bisa KedaluwarsaCNI DC715 Tak hanya makanan dalam kemasan saja yang memiliki tanggal kedaluwarsa. Air minum pun demikian, bila lewat dari tanggal yang ditentukan, maka bisa mengubah rasa.

Dalam video Discovery News, Julian Huguet menjelaskan kalau semakin lama plastik (kemasan) akan menurunkan PH air sehingga dapat menjadi sedikit asam dan mengubah rasa air minum. Itulah sebabnya mengapa produsen memberikan tanggal kedaluwarsa.

Secara ilmiah, bila Anda perhatikan, air minum dalam kemasan memiliki tanda nomor 7 dalam segitiga atau bertuliskan PC. Ini artinya, kemasan tersebut terbuat dari plastik polikarbonat. Bahan utama plastik ini adalah senyawa 2,2-bis (4-hidroksifenil) propan atau dikenal dengan nama bisphenol A (BPA).

Dalam bentuk aktif (terlalu lama disimpan) atau terkena panas (termasuk terpapar sinar matahari), senyawa BPA ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena memiliki aktivitas yang meniru hormon estrogen. Belum lagi, BPA dapat mengeluarkan senyawa endocrine disruptors yang dapat mengganggu metabolisme alami suatu hormon.

Lantas bagaimana mencegah paparan BPA ini? Dailymaiy melaporkan, Anda bisa mengonsumsi habis air minum dalam kemasan, tidak membiarkannya dalam waktu lama dan perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum Anda membelinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s