:: Cara Untuk Meningkatkan Atau Memperbaiki Ingatan ::

Cara Ampuh Memperbaiki IngatanCNI DC715 Anda merasa ingatan semakin hari semakin menurun? Bukan karena faktor usia, ingatan juga bisa menurun di usia masih muda. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan atau memperbaiki ingatan atau memori Anda.

1. Tidur
Semakin sedikit waktu tidur Anda, membuat kemampuan kognitif, termasuk memori Anda menderita. Beberapa penelitian terbaru dari University of Luveck di Jerman juga menyarankan bahwa tidur adalah saat dimana otak mengenang dan meletakkan kembali memori yang baru. Jika otak kurang tidur, Anda tidak bisa mempertahankan atau mengingat informasi, dan kenangan pun hilang.

2. Olahraga
Beberapa penelitian menghubungkan antara olahraga dengan menguatnya memori. Dari studi terbaru British Journal of Sports Medicine, wanita yang sering aerobik, berjalan, berenang secara signifikan meningkatkan volume struktur otak yang terlibat dalam memori dan belajar verbal. Semakin banyak bergerak, semakin banyak oksigen dan nutrisi mengalir ke aliran darah dan otak Anda.

3. Ngobrol dengan teman
Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi bercakap-cakap dengan orang lain membutuhkan otak Anda untuk menyelesaikan beberapa proses tingkat tinggi sekaligus. Anda harus mengikut apa yang dikatakan orang lain, menafsirkan maknanya dan membalasnya.Sebagai hasilnya, berbicara dengan orang lan bisa meningkatkan daya ingat secara signifikan dan bisa membantu menangkis penyakit Alzheimer.

4. Tantang otak Anda
Sebuah studi di Skotlandia menemukan orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan proses otak yang komplek seperti artsitek, cenderung memiliki memori yang lebih baik. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki pekerjaan itu? Cobalah untuk menyaring kembali apa yang Anda lihat di televisi. Ini membuat otak Anda bekerja dan membantu memori tetap tajam.

5. Tertawa
Stres dan kurang tidur telah terbukti mengacaukan memori Anda. Tertawa tidak hanya melawan stres tapi juga meningkatkan memori jangka pendek Anda.

6. Meditasi
Mempertahankan dan menyimpan informasi membutuhkan fokus atau konsentrasi. Dan meditasi, menghalangi gangguan dan mengasah perhatian Anda dengan cara meningkatkan memori. Bahkan, ada bukti bahwa meditasi bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

7. Makan buah blueberry
Beberapa studi menunjukkan konsumsi buah terutama blueberry bisa meningkatkan daya ingat dan retensi. Berry dikemas dengan flavanoid yang terkait dengan peningkatan fungsi vaskular.

8. Vitamin D
Beberapa tahun terakhir ada lonjakan besar dalam penelitian yang menghubungkan vitamin D dan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya adalah hubungan vitamin D dengan kesehatan otak dan memori. Vitamin D disebut dapat melindungi otak dari demensia dan mampu meningkatkan memori verbal.

9. Melamun
Baru-baru ini beberapa percobaan telah menemukan bahwa melamun membantu meningkatkan memori Anda dengan cara yang mirip dengan tidur atau tidur siang. Di sisi lain, multitasking yakni beralih dengan cepat dari satu tugas ke tugas lain tanpa istirahat membahayakan kemampuan otak Anda mengingat informasi.(Prevention)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s