:: 5 Penyebab Orang Menderita di Hari Tua ::

5 Penyebab Orang Menderita di Hari TuaCNI DC715 Masa tua adalah masa yang akan kita temui di kemudian hari. Masa yang tidak bisa kita hindari, karena umur terus bertambah seiring waktu yang terus berjalan. Bagaimana kondisi di hari tua? sangat ditentukan oleh kebiasaan hidup di masa muda.

Banyak ditemui orang yang hidup bahagia di masa muda, bergelimang harta, tapi begitu menderita ketika di hari tua. Kondisi fisik yang tidak fit lagi, diperparah dengan serangan penyakit tua, sehingga tubuh betul-betul merasa sakit. Kehidupan ekonomi pun semakin sulit karena sudah tidak mampu mencari nafkah.

Siapapun tentu mendambakan hidup bahagia di hari tua nanti. Menghabiskan masa tua bersama orang-orang yang dicintai. Hidup damai, tanpa dihimpit beban hidup yang berat. Jika Anda ingin hidup bahagia di hari tua maka jangan lakukan 5 hal ini

1. Makan sembarangan
Asupan makanan ke dalam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan. Jika makanan yang masuk asal-asalan, asal enak dan asal banyak maka ketika usia sudah tidak muda lagi akan terasa dampak buruknya. Ketika usia sudah tua, semua organ tubuh mengalami penurunan fungsi. Jika Anda tidak memperhatikan asupan gizi maka kondisinya akan bertambah buruk dan akan terjadi lebih cepat. Orang yang terbiasa memperhatikan asupan nutrisi sejak muda, maka akan lebih awet muda dan segar bugar.

2. Malas berolahraga
Olahraga banyak sekali manfaatnya, apalagi jika dilakukan secara rutin. Manfaat olah raga di antaranya adalah menambah kebugaran dan energi tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dari serangan penyakit. Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh, yang tentunya dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, dan stroke. Diabetes, osteoporosis atau pelapukan tulang juga dapat diminimalisir dengan olahraga. Penyakit ringan semacam flu dan batuk dapat dicegah karena imunitas tubuh yang meningkat. Rajin berolahraga akan terasa manfaatnya di usia senja dan sebaliknya jika malas berolahraga maka akan dirasakan akibatnya di usia senja.

3. Boros
Sering terjadi orang yang sukses di usia muda, memiliki harta yang berlimpah, pekerjaan tetap, tetapi ketika tua mengalami kesulitan ekonomi. Penyebabnya adalah karena hidup boros tanpa perencanaan keuangan yang baik. Harta bersifat fana (tidak abadi) bisa habis, sehingga jika tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk.

4. Tidak harmonis dengan keluarga
Karena alasan kesibukan, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk dekat dengan keluarganya, sekalipun dengan anak dan istri. Hubungan yang tidak harmonis dengan keluarga akan mendatangkan masalah di hari tua nanti. Bagaimana tidak, ketika sudah tua Anda akan sangat membutuhkan mereka berada di samping Anda. Rasa sepi adalah momok paling menakutkan di usia tua nanti.

5. Anti Sosial
Manusia adalah makhluk sosial, yang keberadaannya tidak bisa terlepas dari kehadiran orang lain. Mungkin ketika masih muda merasa tidak terlalu membutuhkan orang lain. Namun, ketika sudah berusia lanjut, kehadiran orang lain sangat berarti. Kegiatan bersama orang lain di masyarakat maupun di organisasi akan sangat membantu Anda dalam menghabiskan masa tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s