:: Kompres dengan Es Justru Tingkatkan Demam Pada Anak ::

Kompres dengan Es Justru Tingkatkan Demam Pada AnakCNI DC715 Demam atau suhu tubuh yang tinggi (lebih dari 37.5 derajat celcius), termasuk dalam kondisi yang sering dialami anak. Demam sendiri sebenarnya bukan penyakit, namun gejala dari kondisi tertentu, terutama infeksi.
Para ahli percaya demam tidak memerlukan obat karena demam merupakan mekanisme alami pertahanan tubuh melawan infeksi atau zat asing dari luar. Selain itu, sebagian besar demam terjadi tanpa adanya infeksi.

Demam juga bisa mengindikasikan kekebalan tubuh anak berjalan baik. Saat demam, berarti tubuh sedang melakukan pertahanan diri.

Pengobatan demam sangat tergantung pada penyebabnya. Misalnya, antibiotik hanya diberikan jika demamnya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Obat demam yang cukup aman diberikan pada anak adalah parasetamol atau pun ibuprofen. Masing-masing obat memiliki kelebihan dan kekurangan. Gunakan dosis yang tepat agar berfungsi efektif.

Selain pemberian obat, kompres sejak lama dikenal sebagai sarana penurun panas. Walau begitu, mengompres anak dengan air dingin atau es batu sebaiknya tidak digunakan karena bersifat kontraproduktif.

Kompres es justru akan meningkatkan suhu tubuh. pasalnya, air dingin akan menyebabkan pembuluh darah tepi di kulit mengecil. Akibatnya, panas yang seharusnya dialirkan oleh darah ke kulit agar keluar tubuh menjadi terhalang, dan tubuh pun bertambah panas. (tribunenews.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s