:: Hindari Menyentuh Bagian Tubuh Ini Pakai Tangan! ::

Hindari Menyentuh Bagian Tubuh Ini Pakai TanganCNI DC715 Pada dasaranya tangan punya akses penuh untuk bergerak, menyentuh anggota tubuh mana pun selama itu tubuh kita sendiri. Tetapi, rupanya ada beberapa tempat sakral yang tidak boleh disentuh oleh tangan, terlebih saat dalam keadaan kotor.

Menurut Kelly Reynolds, seorang profesor di Zuckerman College of Public Health di University of Arizona, tangan memainkan peran penting dalam transmisi kuman. Bahkan setelah mencuci tangan, tangan dan jari akan dengan cepat kembali terkontaminasi kuman dari lingkungan sekitar. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa anggota tubuh Anda yang “diharamkan” disentuh saat tangan Anda kotor.

Saluran telinga
Jangan berikan sentuhan apapun pada kuping Anda saat tangan dalam keadaan kotor, terlebih pada bagian saluran telinga. Memasukan sesuatu ke liang telinga dapat merobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga.

Jika Anda merasa gatal pada bagian telinga, coba lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui apa penyebabnya. Dibanding Anda melakukan penyembuhan sendiri dengan cara menggaruk.

Wajah
Umumnya kita menggunakan tangan untuk mencuci muka atau melakukan perawatan kulit. Namun jika dlam keadaan kotor, menyentuh wajah dengan tangan adalah sebuah kesalahan.

Menurut Adnan Nasir, seorang dermatologi kesehatan, permukaan tangan sangat mudah untuk dihinggapi kuman. Hal itu akan memungkinkan bakteri dengan mudah menyebar ke bagian tubuh mana pun termasuk wajah yang membuat Anda mengalami gangguan kesehatan kulit.

Mata
Mata akan mudah mengalami inifeksi jika disentuh oleh tangan yang kotor. Jika merasa gatal, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ahli mata, dibanding harus menyentuh dan menggosok mata Anda.

Mulut
Penelitian terbaru dari Inggris menemukan bahwa beberapa orang akan menaruh jari mereka di sekitar mulut rata-rata 23,6 kali per jam ketika merasa bosan di tempat kerja. Dan, mereka masih akan melakukannya sebanyak 6,3 kali dalam satu jam ketika mereka sedang sibuk.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan Journal of Applied Microbiology, sepertiga kuman dari jari tangan dapat berpindah ke mulut manusia. Itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dalam hidung
Waspada jika Anda termasuk orang yang sering “menggali emas” di bagian hidup. Dalam sebuah studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal Infection Control, seseorang yang sering mengupil ada kemungkinan 51 persen lebih mudah membawa bakteri staphylococcus aureus –sekelompok bakteri yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit di bagian hidung.

(Feed )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s