:: Selalu Katakan, Kita Bisa! ::

Selalu Katakan, Kita BisaCNI DC715 Mahatma Gandhi, seorang aktivis sekaligus pemimpin politik berpengaruh asal India pernah berkata, “Keyakinan Anda menjadi pikiran Anda, pikiran Anda menjadi kata-kata Anda, kata-kata Anda menjadi tindakan Anda, tindakan Anda menjadi kebiasaan Anda, kebiasaan Anda menjadi nilai-nilai Anda, nilai Anda menjadi takdir Anda.”

Kata-katanya terlontar bukan tanpa alasan. Banyak orang percaya, sebuah keyakinan mampu terwujud dan menjadi kenyataan apabila kita mau percaya. Begitupun dengan diri kita sendiri. Kita, selalu mampu menjadi apa yang kita inginkan, asalkan kita mau percaya dan tak berhenti berusaha. Inilah yang kemudian dikenal dengan: afirmasi.

Sederhananya, afirmasi merupakan pikiran positif yang harus kita katakan dengan suara keras, kepada diri sendiri setiap harinya. Afirmasi ini berguna untuk senantiasa membimbing pemikiran kita serta meningkatkan level kehidupan kita. Dengan afirmasi, kita meyakinkan otak kita, diri kita sendiri untuk percaya bahwa di dunia ini, tidak ada hal yang mustahil.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, serupa olahraga, afirmasi ini mampu memicu pelepasan endorfin dalam tubuh yang membuat kita berpikir positif. Bahkan, ada pula beberapa studi yang telah menunjukkan kekuatan pikiran atas tubuh. Para ahli menyebut fenomena ini sebagai efek plasebo, di mana orang-orang dibuat percaya bahwa mereka sedang dalam pengaruh obat-obatan. Padahal sebenarnya, mereka hanya diberi pil palsu yang tak memiliki efek kesehatan apa pun.

Hasilnya, para pasien mengatakan, mereka merasa jauh lebih baik. Tak jarang, sebagian besar dari mereka juga merasa “sudah sembuh”, meski pada kenyataannya, bukan obat-obatan yang membuat mereka lebih baik, melainkan keyakinan pikiran mereka.

Oleh karena itu, segera mulailah afirmasi ini dari diri kita sendiri. Katakanlah hal-hal positif kepada diri kita, setidaknya selama satu hari sekali dengan keras dan penuh keyakinan. Untuk beragam masalah yang datang, selalu katakan pada diri kita, bahwa kita bisa dan mampu mengatasi masalah tersebut.

Kita bisa menuliskan kata-kata itu di kamar, di tempat kerja, atau di area mana pun yang sering kita lihat. Kita juga bisa merekam diri sambil mengatakan hal-hal positif, dan memutar rekaman ini setiap malam sebelum tidur. (Healthmeup)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s