:: Konsumsi Vitamin C Minimal 200 mg per Hari Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh ::

Konsumsi Vitamin C Minimal 200 mg per Hari Untuk Jaga Daya Tahan TubuhCNI DC715 Mengasup vitamin C lumrah dijadikan salah satu ‘jurus ampuh’ menjaga daya tahan tubuh. Untuk konsumsi harian, berapa sih jumlah vitamin C yang dianjurkan?

“Untuk menjaga kesehatan, setidaknya konsumsi 200-300 mg vitamin C per hari. Vitamin C bisa kita dapat dari sayur dan buah yang memang kaya akan vitamin C,” tutur Prof Margreet Vissers, BSc Hons, MSc, PhD dari Center for Free Radical Research Department of Pathology University of Otago, Christchurch, New Zealand.

Konsumsi kombinasi buah dan sayur yang mengandung vitamin C merupakan ide yang baik. Misalnya saja dengan mengombinasikan jambu biji dan kiwi. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C 165 mg per sajian sedangkan kiwi mengandung 140 mg vitamin C per sajian. Atau, bisa juga buah tersebut dikombinasikan dengan sayuran kaya vitamin C seperti capsicum yang mengandung 95 mg vitamin C per sajian.

“Studi menunjukkan makanan kaya vitamin C bermanfaat untuk imunitas seseorang di tingkat sel bahkan status kesehatan yang bersangkutan secara keseluruhan. Vitamin C masuk dalam sirkulasi darah dan berperan dalam pergerakan jaringan untuk membunuh bakteri,” terang Prof Vissers.

Untuk itu, profesor yang juga menjabat dekan University of Otago tersebut sangat menyarankan masyarakat rutin mengonsumsi vitamin C. Studi di Kanada yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition menemukan hampir 20% pasien yang dirawat di RS memiliki konsentrasi vitamin C dalam darah yang rendah.

Kondisi itu, dikatakan Prof Vissers juga membuat pasien pulih lebih lama karena imunitasnya yang rendah. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, disarankankah mengonsumsi suplemen?
“Boleh saja tetapi konsultasikan juga ke dokter untuk dosis yang tepat. Tapi, saya lebih menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta bahan makanan alami lainnya. Karena, selain mendapat vitamin C, kita juga bisa mendapatkan serat, air, dan mineral yang juga bermanfaat bagi kesehatan,” kata Prof Visser. (detik.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s