:: Langkah Sederhana Untuk Meredam Gejolak Stres ::

Langkah Sederhana Untuk Meredam Gejolak StresCNI DC715 Beban berat pekerjaan yang menumpuk ditambah dengan padatnya aktivitas seringkali membuat orang menjadi stres. Berbagai upaya untuk meredekan stres pun tentu Anda lakukan, namun yang paling utama ialah ingatkanlah diri Anda sendiri bahwa stres yang melanda pasti akan berlalu.

Berikut merupakan langkah sederhana untuk meredam gejolak stres agar tidak semakin memuncak
1. Oleskan air dingin
Air dingin cukup efektif untuk meredakan stres dan menenangkan pikiran Anda, oleskan air dingin pada bagian belakang telinga atau pergelangan tangan Anda. Bagian tubuh tersebut memiliki jutaan pembuluh darah yang juga menjadi salah satu titik stres. Air dingin akan meredakan tekanan dan membuat Anda merasa lebih rileks.

2. Aroma jeruk
Selain sebagai buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi, jeruk juga memiliki aroma khas yang dapat menjadi semacam aroma therapy untuk menenangkan pikiran. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa aroma kulit jeruk secara signifikan mengurangi tingkat stres dan menenangkan suasana hati.

3. Teknik pernafasan 4-7-8
Cara ini serupa dengan metode meditasi atau yoga yang sangat efektif untuk relaksasi tubuh serta menenangkan pikiran. Tarik nafas melalui hidung selama empat detik, tahan nafas selama tujuh detik, dan buang nafas melalui mulut selama delapan detik.

4. Mangga
Konsumsi buah mangga juga dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres. Senyawa linalool yang terkandung dalam buah mangga membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih tenang, disamping rasanya yang juga nikmat dan menyegarkan, buah tropis yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas-panasnya.

5. Menghitung mundur
Konsentrasi akan Anda butuhkan ketika Anda menghitung mundur, misalnya dari angka 100 ke 0. Tak perlu takut jika cara ini akan menambah stres, justru sebaliiknya rasa cemas dan bimbang akan hilang setelah Anda berkonsentrasi dalam menghitung mundur.

6. Olah raga ringan
Kegiatan fisik juga dapat membantu menenangkan pikiran Anda, tak perlu olah raga yang terlalu melibatkan aktivitas fisik yang berat. Cukup yang ringan saja, seperti jogging atau berjalan santai mengelilingi komplek Anda, apalagi saat cuaca sedang bersahabat dan udara sedang segar. Pikiran akan menjadi lebih tenag dan fresh.

(Maximindonesia.co.id)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s