:: 6 Keajaiban Puasa Yang Mampu Menenangkan Tubuh ::

6 Keajaiban Puasa Yang Mampu Menenangkan TubuhCNI DC715 – Puasa mungkin identik dengan berlapar-lapar dan tak mengonsumsi makanan selama beberapa watu. Sebenarnya dilansir dari All Women Stalk, puasa adalah salah satu gaya hidup yang bisa membuat Anda lebih sehat dan panjang umur.

Ada beberapa manfaat ajaib yang bisa membuat Anda lebih tenang, sehat dan terarah. Seperti beberapa manfaat yang berikut ini.

Melatih Kekuatan Spiritual
Dalam kebiasaan umat muslim, memang ada bulan puasa yang mampu meningkatkan hawa spiritual dalam diri kita. Namun tanpa dilakukan di bulan puasa pun, puasa memang bisa membantu kita melatih ketajaman jiwa dan perasaan.

Misalnya karena puasa, kita jadi lebih tahan diri dari emosi. Selain itu kita juga kita lebih fokus dalam berkomunikasi dengan diri sendiri. Namun ingat, semua ini bisa terjadi asal kita sungguh-sungguh melakukannya.

Mengeluarkan Racun
Manfaat lain dari melakukan puasa adalah kita mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Dilansir dari All Women Stalk, saat tubuh tidak mengolah makanan, tubuh kita berkonsentrasi dalam memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh yang sakit.

Dalam hal ini, tubuh juga mengeluarkan racun dan sisa-sisa makanan. Saran kami, banyak minum air putih daripada minuman manis saat Anda melakukan puasa. Air putih bisa membantu detoksifikasi tubuh dengan lebih lancar.

Menghentikan Kecanduan Makanan
Saat Anda terbiasa puasa atau melakukan puasa dengan hari yang selang-seling selama beberapa hari saja, hal ini bisa membantu Anda untuk tetap menjaga kebiasaan makan selama puasa. Oleh karena itu, banyak orang mudah merasa kenyang saat berbuka puasa.

Memang kebiasaan makan tersebut akan berganti seiring kita mengubah pola makan pada puasa. Yang tadinya doyan makan banyak, kini jadi membatasi diri. Yang tadinya doyan makan manis atau pedas, kini agak berkurang kebiasaannya.

Istirahat
Saat kita puasa, yang kita lakukan adalah memberi kesempatan pada pencernaan dan tubuh untuk beristirahat. Sehingga tubuh bisa memperbaiki diri dan menjadi lebih sehat. Oleh karena itu banyak orang yang disarankan puasa agar tetap sehat.

Salah satu saran yang penting saat Anda memang sedang puasa adalah jangan melakukan aktivitas yang terlalu keras atau terlalu lama dipapar sinar matahari. Bila Anda memang punya waktu untuk istirahat atau meditasi, gunakan sebaik mungkin karena hal itu membantu tubuh Anda untuk menyembuhkan diri.

Menambah Energi
Meski puasa itu kelihatannya tidak makan selama beberapa jam, sebenarnya puasa membantu kita untuk lebih berenergi. tubuh jadi lebih kuat karena selama beberapa hari puasa, tubuh lebih bersih dari toksin dan tidak mudah mengantuk.

Tips di hari pertama puasa yang memang akan terasa berat, jangan banyak melakukan aktivitas yang membuat Anda kelelahan. Coba lakukan aktivitas ringan, sekalipun Anda di kantor. Jangan khawatir, tubuh kita didesain untuk bisa beradaptasi dengan puasa kok.

Jadi Lebih Sabar
Kita jadi sosok yang lebih sabar karena puasa memang membantu kita mengontrol hawa nafsu dan emosi. Selain menahan nafsu makan, kita juga jadi lebih banyak menggunakan kekuatan spiritual untuk berpikir hal yang baik.

Namun tentu saja hal ini tak terbentuk secara instan, ada progres dan proses yang perlu Anda jalani untuk mendapatkan jiwa yang lebih sabar dan tenang. Bila perlu, perbanyak kegiatan spiritual agar puasa Anda juga bisa bernilai ibadah.

Advertisements

One thought on “:: 6 Keajaiban Puasa Yang Mampu Menenangkan Tubuh ::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s