:: Iman bisa bertambah dan bisa berkurang::

Iman bisa bertambah dan bisa berkurangCNI DC715 Sama pentingnya dengan tulang yang butuh asupan kalsium dan vitamin, iman di dalam diri seorang muslim juga membutuhkan asupan vitamin agar semakin kuat.

Imam Syafi’i berkata, “Iman itu meliputi perkataan dan perbuatan. Dia bisa bertambah dan bisa berkurang. Bertambah dengan sebab ketaatan dan berkurang dengan sebab kemaksiatan.”

Mari sejenak kita berpikir, apakah iman Anda sudah sekuat tulang Anda? Apakah masih perlu ditingkatkan? Baiklah, artikel di bawah ini akan membantu Anda memperkuat iman di momen yang tepat, yaitu pada bulan suci Ramadhan. Karena dengan iman yang kuat, kebahagiaan akan terasa dengan sendirinya.

Mari berkaca
Bulan Ramadhan adalah bulannya intropeksi diri. Mari melihat ke belakang, sudahkah iman Anda mampu menopang banyaknya kesalahan-kesalahan yang Anda miliki? Dengan begitu, diharapkan Anda akan memiliki keinginan untuk melakukan usaha mengubah diri.

Bersyukur adalah kuncinya
Dengan bersyukur, semua akan terasa lebih mudah. Sebagai manusia yang tak selalu puas dengan apa yang dimiliki, bersyukur adalah cara untuk mengimbangi rasa ketidakpuasan tersebut. Dengan bersyukur, hidup akan terasa lebih bermakna. Semangat untuk berbuat baik pun akan semakin membara, dari situlah iman Anda akan terjaga.

Memanusiakan diri dengan peduli sesama
Sebagai manusia yang seutuhnya, maka setiap orang memiliki hati nurani yang mendorong Anda untuk selalu ‘berbagi’. Dengan menolong sesama Anda telah menerapkan ajaran islam yang meminta Anda untuk mencintai lingkungan sekitar Anda. Perbuatan-perbuatan terpuji inilah yang dapat memperkuat iman Anda sebagai seorang muslim.

Memaksimalkan ibadah kepada yang Maha Kuasa
Dengan menerapkan rukun islam, maka semakin dekat diri Anda dengan Allah SWT. Ketaatan beribadah tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk iman Anda.

Berserah diri kepada-Nya
Seberapa pun Anda berusaha, takkan lengkap tanpa tawakal kepada yang Maha Esa. Dengan rasa ikhlas atas semua kuasa-Nya, niscaya iman Anda sudah mencapai titik yang lebih tinggi lagi.

(vemale)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s