:: Bila Tak Ingin Cepat Tua, Hindari Hal-Hal Seperti Ini ::

Bila Tak Ingin Cepat Tua, Hindari Hal-Hal Seperti IniCNI DC715 Tiap orang pasti akan bertambah tua, namun jangan sampai penuaan terjadi terlalu dini. Tentu saja hal ini perlu dihindari agar penyakit ala orang tua tidak mampir terlalu cepat ke tubuh kita. Bila tak ingin ini terjadi, hindari hal-hal berikut.

1. Sering sedih dan galau
Galau seperti telah membudaya, padahal sering sedih, galau, cemas, mudah panik dan depresi bisa membuat seseorang lebih cepat menua. Hal ini dikemukakan tim peneliti dari VU University Medical Center. Menurut peneliti, kondisi ini terjadi karena telomere atau ujung DNA mereka lebih pendek dibandingkan mereka yang tak pernah depresi.

Hal serupa juga dialami orang yang galak dan suka marah-marah. Tak hanya cepat tua dan dijauhi teman, orang yang galak juga berisiko dua kali lebih tinggi terkena stroke, meskipun tidak merokok atau makan junk food.

2. Nganggur
Pria yang tak memiliki pekerjaan alias pengangguran selama 2-3 tahun berisiko mengalami penuaan dini lebih cepat. Diduga ini karena tekanan keuangan dan emosional akibat nganggur tadi mengakibatkan telomere atau bagian ujung dari DNA yang berfungsi melindungi DNA menjadi lebih cepat memendek.

Padahal cepatnya pemendekan telomere dapat meningkatkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer, diabetes dan sakit jantung, termasuk kematian dini.

3. Trauma masa kecil
Sama halnya dengan pengangguran yang dapat memperpendek telomere, trauma yang dialami seseorang ketika masih kecil dan terasa hingga dewasa juga berdampak pada pemendekan telomere ini.

Bahkan sebuah studi yang dilakukan French National Institute of Health and Medical Research (INSERM) dan University College London menemukan pria maupun wanita yang pernah mengalami kekerasan atau pengalaman negatif di masa kanak-kanak seperti bullying lebih cepat mati sebelum usianya mencapai 50 tahun. Namun efek paling kuat lebih terlihat pada wanita ketimbang pada pria.

4. Makan saat stres
Sebagian orang menggunakan makanan sebagai alat penenang pikiran ketika stres. Padahal saat stres biasanya orang tidak memilih makanannya dengan baik dan cenderung mengonsumsi junk food.

Asupan yang harus dihindari jika tak ingin terlihat lebih tua antara lain yang terlalu banyak mengandung garam, gula, lemak trans dan makanan olahan, atau makanan yang kebarat-baratan.

Hal yang sama juga berlaku bila kita melakukan diet ketat. Ini karena pola makan yang ekstrim membuat tubuh tak memperoleh gizi yang diperlukan, termasuk nutrisi yang dibutuhkan kulit.

5. Kena matahari
Efek paparan sinar UV akan cenderung meningkat seiring dengan pertambahan usia, namun orang yang paling sering terkena matahari akan terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Ternyata peneliti dari L’Oreal Research and Innovation Center, Paris menemukan sinar matahari bertanggung jawab terhadap 80,3 persen proses penuaan kulit. Hal ini menyebabkan penambahan kerusakan kulit sebanyak dua persen saja dapat mengakibatkan wajah seseorang terlihat lebih tua tiga tahun. Namun ini juga berlaku sebaliknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s