:: 7 Fakta yang Tentang Sperma yang Jarang Diketahui ::

7 Fakta yang Tentang Sperma yang Jarang DiketahuiCNI DC715 Sudah diketahui bahwa ketika seorang pria berejakulasi maka ia melepaskan jutaan sperma. Dari jutaan tersebut, hanya satu yang diketahui bisa berhasil membuahi sel telur dan membentuk janin. Tahukah Anda bahwa sperma juga memiliki rahasia-rahasia lainnya?

Nah, berikut 7 fakta tentang sperma yang patut Anda ketahui:
1. Sperma dan air mani berbeda
Sperma dan air mani seringkali keliru diartikan dan sering tertukar, padahal sebenarnya mereka adalah substansi yang berbeda. Menurut Medline Plus, sel sperma merupakan bagian dari air mani, yang merupakan cairan putih dan kental yang dikeluarkan dari penis ketika ejakulasi. Sperma ‘meninggalkan’ tubuh pria cairan tubuh yang disebut air mani dan bercampur dengan komponen lainnya.

Cairan ini mengandung fruktosa dan enzim proteolitik yang memfasilitasi pergerakan sperma di luar saluran reproduksi pria.

2. Sperma juga bisa ‘cacat’
Tidak semua sperma diproduksi dengan bentuk yang sama. Sperma dapat memiliki banyak kecacatan terutama di bagian kepala, leher, atau ekor. Misalnya ia memiliki dua kepala, dua ekor, dan ekor yang melingkar. Nah, kondisi ini berpotensi dapat memengaruhi kemampuan sperma untuk mencapai dan membuahi sel telur. Namun meskipun demikian lantas bukan berarti pria tak subur.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, sperma yang normal pada umumnya memiliki kepala berbentuk oval dengan ekor panjang.

3. Sperma bersifat dingin
Seorang pria mungkin bisa berada pada lingkungan yang panas, namun testisnya tetap dingin. Suhu di area tersebut adalah sekitar 7 derajat Fahrenheit lebih dingin dari bagian tubuh lainnya.

Bukan tanpa manfaat, suhu ini diperlukan untuk membantu sperma yang sehat tetap dingin dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

4. Sperma ‘punya’ dua jenis kelamin
Tidak semua sperma kromosom membawa sifat pria. Sebagian sperma membawa kromosom X, sementara yang lain membawa kromosom Y. Bahkan Harvard Health Publication juga menyebutkan bahwa sperma pembawa kromosom wanita sebenarnya lebih kuat dari sperma pembawa kromosom pria.

Jika sperma yang membuahi membawa kromosom X, bayi tersebut akan memiliki jenis kelamin perempuan, sedangkan jika sperma tersebut membawa kromosom Y maka jenis kelaminnya akan laki-laki.

5. Butuh 2 bulan untuk membuat sperma
Mungkin hanya butuh beberapa detik bagi seorang pria untuk melepaskan 1.500 sel sperma, namun sebenarnya dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk memprosesnya hingga matang di dalam testis.

Siklus regenerasi ini memakan waktu sekitar 2-3 bulan sampai sperma sepenuhnya matang. Sperma yang sehat tidak akan siap untuk membuahi sel telur sampai ‘satu set baru’ sperma lainnya yang telah berkembang dalam kondisi sehat matang.

6. Satu testis dapat memproduksi cukup sperma
Umumnya pria memiliki dua testis, namun dalam beberapa kondisi tertentu bisa saja pria hanya memiliki satu testis. Jangan khawatir, bukan berarti lantas kemampuan si pria untuk memiliki anak akan berkurang. Pria yang memiliki satu testis sama suburnya dengan pria yang memiliki dua testis.

7. Sperma ‘mati’ dapat menghasilkan bayi sehat
Fertilisasi in vitro (IVF) atau program bayi tabung memungkinkan bagi sperma ‘mati’ untuk membantu proses pembentukan janin yang sehat. Menurut American Pregnancy Association, biasanya teknisi IVF secara manual menggabungkan sel telur dan sperma di laboratorium dan kemudian mentransfer embrio ke rahim. (detik.health)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s