:: Udara Dingin Bisa Picu Nyeri Sendi? Ini Penjelasan Dokter ::

Udara Dingin Bisa Picu Nyeri Sendi Ini Penjelasan DokterCNI DC715 Udara dingin memang terasa menyenangkan misalnya saja ketika turun hujan. Tapi bagi sebagian orang, udara dingin bisa jadi situasi yang menjengkelkan karena memicu alergi seperti gatal-gatal. Selain itu, ada pula lho orang yang lantas nyeri sendi saat udara dingin.

Terkait hal ini, dikatakan dokter spesialis orthopaedi dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT, udara dingin memang dapat memicu timbulnya nyeri sendi, tetapi hal ini ini bukan disebabkan oleh udara dingin itu sendiri. Melainkan karena terjadinya perubahan tekanan udara (barometrik) di saat udara dingin.

Pada saat tekanan udara menurun, jaringan tubuh pun mengembang dan mengembangnya jaringan inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Untuk mengatasi hal ini, menurut dr Mega perlu adanya perubahan tekananan udara menjadi tidak terlalu besar bagi tubuh. Caranya, dengan masuk ke dalam ruang yang hangat atau menutup tubuh dengan pakaian tebal yang hangat.

Namun, jika keluhan nyeri sendi terjadi di usia yang relatif muda, kemungkinan ada indikasi penyakit Rheumatoid Arthritis (RA) dan Systemic Lupus Eritematosus (SLE) di mana keduanya merupakan penyakit peradangan sendi akibat proses gangguan sistem kekebalan tubuh.

Meski demikian, ditekankan dr Mega, untuk mendiagnosis keluhan ini, perlu dikumpulkan informasi misalnya di bagian sendi mana rasa nyeri itu muncul, bagaimana intensitas nyeri, serta adakah perubahan bentuk dan gangguan gerak sendi.

“Perlu juga dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Pemeriksaan fisik dilakukan dengan melihat di lokasi mana saja keluhan ini timbul, memeriksa rentang gerak sendi dan memeriksa apakah ada perubahan bentuk sendi,” terang dr mega.

Sedangkan, pemeriksaan penunjang dilakukan melalui pemeriksaan darah, foto rontgen (xray) yang bertujuan untuk mengetahui kondisi tulang/sendi, serta pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) bertujuan untuk mengetahui keadaan struktur jaringan lunak. (health.detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s