:: 5 Fakta Tentang Tidur yang Sering Diabaikan ::

5 Fakta Tentang Tidur yang Sering DiabaikanCNI DC715 Satu dari sepuluh orang dewasa mengalami insomnia setiap harinya. Mungkin Anda sudah sering mendengar sejumlah saran untuk mengatasi insomnia, seperti jangan terlalu banyak minum kopi, jangan olahraga di malam hari, buat tempat tidur senyaman mungkin, dan atur suhu kamar sehangat mungkin. Tetapi, seperti yang dilansir oleh womansday.com, ada setidaknya 5 fakta tentang tidur yang sering diabaikan oleh banyak orang.

1. Pasang Alarm Untuk Berangkat Tidur
Kebanyakan dari kita mungkin menggunakan alarm untuk membantu kita bangun di pagi hari. Michael Breus, PhD penulis “Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep” menyarankan agar memasang alarm untuk berangkat tidur. Pasang alarm untuk berangkat tidur setidaknya sejam sebelum kita jadwalkan diri untuk tidur, hal ini disebut Michael sebagai the power-down hour.

Jadi, 20 menit pertama Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga, 20 menit kedua bisa mulai membersihkan diri Anda, dan 20 menit terakhir gunakan untuk relaksasi sebelum tidur. Relaksasi ini bukan hanya dalam bentuk meditasi, tetapi juga bisa latihan-latihan lainnya seperti latihan pernapasan atau membaca buku.

2. Pergi Tidur Saat Sudah Lelah
Jika sudah lewat tengah malam dan Anda belum juga bisa tidur, jangan paksa diri Anda untuk tidur. Memaksa diri untuk tidur ketika Anda belum mengantuk akan membuat tubuh Anda tidak nyaman. Jadi, daripada memaksakan diri untuk tidur, Anda bisa bangun dari tempat tidur, melakukan kegiatan relaksasi atau apapun. Ketika Anda merasa sudah lelah, Anda bisa langsung tidur.

3. Hitung Angkanya Bukan Dombanya
Ini adalah hal paling umum yang dilakukan seseorang ketika terkena insomnia, yaitu menghitung domba. Menghitung domba dan membayangkan domba biasanya akan malah mengganggu pikiran Anda. Cobalah hitung angkanya saja, misalkan menghitung mundur dari 300 ke 1.

4. Bangun Setengah Jam Lebih Awal
Jika Anda sering terkena insomnia, cobalah untuk mengatur jadwal bangun tidur Anda setengah jam lebih awal. Mungkin Anda akan merasa sedikit lelah di pagi hari, tetapi agar jam biologis tubuh Anda bisa kembali teratur, maka tubuh Anda akan ‘menyesuaikan’ dengan menjadi cepat lelah di malam hari dan Anda bisa langsung tidur tanpa kesulitan.

5. Tak Usah Khawatir Jika Anda Tak Bisa Langsung Tidur
Biasanya butuh waktu sekitar 15 hingga 25 menit untuk seseorang bisa terlelap tidur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s