:: Saluran Pencernaan Sehat, Pertumbuhan Otak Anak Lebih Optimal ::

Saluran Pencernaan Sehat, Pertumbuhan Otak Anak Lebih OptimalCNI DC715 Kesehatan saluran pencernaan ternyata menjadi salah satu faktor pendukung bagi pertumbuhan otak anak agar lebih optimal.

“Dengan memiliki saluran cerna yang sehat, anak dapat menyerap nutrisi secara optimal dan menggunakannya untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang optimal,” ujar Pakar Gizi Medik, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr.dr. Saptawati Bardosono., M.Sc. dalam diskusi tentang hubungan pencernaan sehat dan pertumbuhan otak anak di Jakarta.

Dia mengungkapkan, kesehatan saluran pencernaan ini salah satunya ditunjang dengan asupan bakteri baik atau probiotik di saluran pencernaan seperti Lactobacillus reuteri. Bakteri ini dapat mengurangi berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, kolik, konstipasi, dan diare.

“Mikrobiota dalam usus menjaga ketahanan tubuh anak, penyerapan zat gizi optimal, menjaga integritas dinding saluran cerna sehingga menjaga supaya zar gizi masuk ke hati, melawan alergi dan mengirimkan sinyal ke otak,” ujarnya.

Saluran pencernaan tidak hanya berfungsi untuk menampung nutrisi, namun juga mampu mempengaruhi sinyal di otak melalui mikrobiota usus.

Dia menambahkan, pertumbuhan otak anak merupakan salah satu hal yang paling menentukan dalam tumbuh kembang anak di awal kehidupannya.

“Usia 0-6 tahun merupakan periode kritis (golden moment) bagi perkembangan otak seorang anak. Anak berusia 2 tahun memiliki 80 persen otak orang dewasa, sedangkan anak dari usia 2 hingga 6 tahun memiliki 95 persen otak orang dewasa,” katanya.

Oleh karena itu, orangtua perlu memahami 6 tahun pertama kehidupan anak merupakan periode yang menentukan tumbuh kembang jangka panjang seorang anak.

“Untuk mendapatkan pertumbuhan otak yang optimal, orangtua dapat memulainya dengan menjaga saluran cerna anak,” ujarnya. (Antara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s