:: 5 Ajaran Sehat Orangtua Kepada Anak ::

Ajaran Sehat Orangtua Kepada AnakCNI DC715 Tiap orang tua memiliki tanggungjawab merawat dan mengasuh anak-anak mereka. Salah satunya dengan mengajarkan hidup yang sehat kepada anak-anak.

Makan makanan sehat
Berilah contoh yang sehat bagi anak Anda dengan makan secara teratur, seimbang, bergizi serta makanan lezat dan makanan ringan baik di rumah maupun di sekolah .

Hal ini juga penting untuk tidak memaksa anak-anak makan ketika mereka tidak lapar atau untuk terus makan (seperti menegakkan aturan menghabiskan makanan) ketika mereka sudah merasa kenyang dan puas .

Aktivitas fisik
Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur menyenangkan.
Tidak perlu menegakkan aturan ketat di sekitar aktivitas fisik melainkan secara teratur memberikan berbagai kesempatan bagi anak-anak untuk aktif dalam cara yang menurut mereka menyenangkan, menantang dan tidak membosankan.

Memiliki pola pikir yang sehat
Bukan anak yang mengikuti pola pikir orang tua tapi orang tualah yang belajar mengikuti pola pikir anak. Orang tua harus menjadi sadar dan memiliki wawasan tentang pikiran seseorang, perasaan dan perilaku dan dampaknya terhadap hidup bisa berkembang dari waktu ke waktu.

Ketika orang tua belajar untuk memahami pikiran dan perasaan anak maka ini akan mengajarkan anak bagaimana mereka juga memahami pikiran dan perasaan orang lain. Melatih mereka untuk bersimpati dan berempati dengan orang lain di sekitarnya.

Menjaga cairan tubuh
Dorong anak-anak Anda untuk mengoonsumsi air yang cukup (dan makanan sarat air seperti sayuran dan buah-buahan lain dan minuman) untuk mempertahankan hidrasi yang baik .

Tidak merokok, minum dan konsumsi obat-obatan
Akan lebih baik jika Anda sebagai orang tua- dan teman Anda – dapat menjadi teladan dengan tidak merokok, minum secara berlebihan atau memakai obat. Jika saat ini Anda lakukan kebiasaan itu , Anda dapat memberi contoh yaitu dengan mulai berhenti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s