:: Mari Terus Memperkaya Hati dan Pikiran ::

Mari Terus Memperkaya Hati dan PikiranCNI DC715 Sebaik baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Pesan ini harus mendorong kita untuk terus saling peduli dan berbagi dengan sesama. Namun demikian, kepedulian kita itu hendaklah bersifat ikhlas dan berkualitas. Kita perlu mulai peduli dengan anggota keluarga, lalu pada sesama di sekitar kita sekiranya mereka sangat membutuhkan bantuan. Misalnya anak anak dari pengumpul sampah di lingkungan rumah kita, anak anak tukang pengirim koran, dsb. Sudahkah mereka tercukupi kebutuhan dasarnya (pangan, sandang, dan pendidikan) misalnya. Alangkah ironis, bila yang kita pedulikan justru orang-orang yang jauh dari lingkungan kita, katakanlah melalui sunatan masal atau pengobatan gratis di luar daerah kita, terlebih bila mereka sebenarnya masih belum terlalu membutuhkan. Jangan sampai seperti ibarat gajah di pelupuk mata tak nampak, semut di seberang lautan nampak.

Kita bisa meningkatkan nilai diri dalam kehidupan dengan berusaha menjadi pribadi yang mengedepankan hati nurani dalam setiap tindakan, bukan sekadar rasionalitas semata.

Misalnya pribadi yang tetap santun dan rendah hati menghadapi kritikan, yang tetap bersabar, semangat dan antusias kala dihadapkan pada tantangan/musibah, ataupun pribadi yang elegan dan sederhana di kala mendapatkan kesuksesan/pujian. Intinya, perkaya hati kita dengan menjadi pribadi yang selalu berorientasi pada nilai nilai kehidupan yang luhur, bukan pada kemasan fisik (materi) semata. Sementara untuk memperkaya akal pikiran, maka siapa pun diri kita, hendaknya senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat.

Memang tidaklah mudah, karena terkadang wawasan dan keterampilan hebat justru hanya bisa diraih dalam kondisi yang serba sulit. Keterampilan seorang pelaut, bukanlah diperoleh di saat laut yang tenang, demikian pula reputasi/keterampiIan seorang pilot juga diperoleh saat dia menghadapi badai.

Keuletan dan persistensi mereka patut menjadi teladan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s