:: Manfaat Cokelat Hitam Bagi Tubuh ::

Manfaat Cokelat Hitam Bagi TubuhCNI DC715 Meski cokelat hitam baik bagi kesehatan tubuh, untuk dapat menikmati manfaat cokelat secara maksimal, pastikan Anda memilih jenis cokelat rendah lemak yang umumnya mengandung lebih banyak antioksidan. Selain itu, buah kakao juga memiliki kandungan lemak yang tersaturasi. Padahal jenis lemak tersaturasi yang terkandung di dalamnya mayoritas adalah asam stearat yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, jenis asam lemak lainnya yang terkandung dalam hasil olahan kakao adalah monounsaturated fat atau yang dikenal dengan lemak baik serta lemak tersaturasi lainnya yaitu asam lemak palmitat. Semua jenis lemak yang terkandung dalam cokelat memang pada dasarnya bermanfaat untuk kesehatan. Namun, kandungan lainnya pada cokelat, seperti susu, minyak sayur, minyak kelapa dapat membahayakan kesehatan.

Nah, berikut ini adalah manfaat cokelat bagi kesehatan:

• Cokelat dapat mengurangi risiko serangan jantung
Cokelat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 50%. Hal itu disebabkan, serangan jantung terjadi saat ada sumbatan pada pembuluh daerah di jantung dan sumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan gumpalan trombosit. Selain itu, kandungan flavonols yang terkandung pada cokelat dapat memperlambat terjadi penggumpan trombosit dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan darah. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa cokelat dapat menurunkan oksidasi LDL atau lemak jahat dan berperan sebagai anti inflamasi.

• Meningkatkan sensitiitas insulin
Kandungan flavanol dalam cokelat hitam dapat menurunkan resistensi insulin yang menjadi penyebab utama terjadinya diabetes. Selain itu, tekanan darah sistolik dapat menurun secara signifikan bagi mereka yang secara rutin mengonsumsi cokelat hitam.

• Memperbaiki aliran darah dalam pembuluh darah arteri
Konsumsi kakao dapat memperlancar aliran darah dalam arteri. Selain itu kandungan pada kakao dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk rileks. Aliran darah arteri menjadi salah satu faktor penentu kesehatan jantung.

• Cokelat membantu mengatasi kelelahan
Cokelat hitam berperan penting untuk mengatasi rasa kelelahan yang berlebihan dan stres. Tak hanya itu, cokelat hitam juga dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter, yaitu seperti serotonin yang dapat menyeimbangkan mood dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun, perlu diketahui bahwa kandungan flavonoids dalam cokelat memiliki kandungan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis biji kakao, proses pengolahan serta cara penyimpanan produk cokelat. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cokelat kaya flavonoid untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan. (Intisari-Online)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s