:: 6 Kebiasaan Ini Diam-diam Bisa Merusak Gigi Lho ::

6 Kebiasaan Ini DiamCNI DC715 Siapapun tentu ingin memiliki gigi dan mulut yang sehat, sebab kedua organ ini dianggap sebagai aset penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting juga untuk selalu berhati-hati agar tak melakukan kebiasaan yang bisa merusak gigi.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

1. Tidak konsultasi ke dokter gigi
Anda mungkin berpikir tak perlu ke dokter gigi karena sudah rajin sikat gigi dan flossing, namun plak dan karang gigi di mulut tak bisa diatasi hanya dengan melakukan hal-hal tersebut. Untuk mengatasinya, Anda harus meminta bantuan dari dokter gigi.

2. Lupa sikat gigi atau flossing
Karena malas atau berbagai alasan tertentu, sebagian orang seringkali melewati waktu sikat giginya sehingga hanya melakukan kebiasaan ini sekali dalam sehari. Meskipun rasanya sepele, namun kebiasaan ini amat sangat merugikan kesehatan gigi.

3. Menyikat dengan pola menyamping
Metode menyikat gigi yang selama ini diajarkan adalah menyikat dengan bentuk lingkaran-lingkaran kecil, bukan dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Namun justru pola menyamping seperti itu yang paling banyak digunakan oleh orang-orang karena alasan lebih mudah.

Padahal menyikat dengan arah samping ini diketahui dapat merusak lapisan gigi, apalagi jika dilakukan dengan tenaga ekstra.

Selain arah sikat, waktu penyikatan yang terlalu singkat juga disebut-sebut dapat merusak gigi. Waktu ideal yang dianjurkan untuk menyikat gigi adalah sekitar 2 menit, ini agar Anda memiliki cukup waktu untuk menyikat seluruh bagian gigi, gusi, dan lidah.

4. Menjadikan gigi sebagai ‘perkakas’
Pada dasarnya, gigi diciptakan untuk mengunyah dan bukan untuk melakukan tindakan-tindakan ‘kasar’ yang sebenarnya bisa dilakukan dengan alat atau perkakas.

5. Mengunyah es batu
“Gigi tidak memiliki resistensi fraktur yang besar untuk menggigit benda-benda keras terus-menerus seperti es batu atau tulang,” ujar Kohn.

Terlebih dengan es batu yang memiliki suhu dingin, Kohn menjelaskan bahwa kebiasaan menggigit es batu daoat menciptakan retak-retak kecil di lapisan enamel gigi. Mungkin retak tersebut tak terlalu terasa efeknya, namun lama-kelamaan bisa saja retak tersebut membesar menjadi lubang.

6. Minum minuman manis sepanjang hari
Minuman manis tertentu seperti minuman soda dan jus buah dalam kemasan juga dapat membahayakan kesehatan enamel gigi Anda. Fakta lainnya, sifat asam pada alkohol diketahui bisa menggerogoti gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, konsumsi makanan manis diketahui juga dapat membahayakan gigi, sebab bakteri dalam mulut yang memakan gula akan menghasilkan asam yang menggerogoti enamel pelindung gigi. Nah, permen yang lengket dan kenyal juga bisa menempel dan terjebak di dalam gusi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s