:: Hindari Konsumsi Buah Berikut di Masa Kehamilan! ::

Hindari Konsumsi Buah Berikut di Masa KehamilanCNI DC715 Berbicara seputar pemenuhan kebutuhan gizi harian tentu tak akan terlepas dari konsumsi buah harian. Namun, tahukah? Meski memang setiap buah memiliki kandungan gizi tersendiri, beberapa buah berikut termasuk yang tidak disarankan dikonsumsi selama masa kehamilan. Penasaran mengapa dan buah apa saja yang dimaksud?

1. Nanas
Meski terbilang bergizi karena kaya akan vitamin A dan C, buah yang satu ini tergolong patut dihindari selama masa kehamilan. Pasalnya, buah ini mengandung zat yang disebut bromealin yang diyakini memicu terjadinya pelunakan leher rahim sehingga memperbesar risiko terjadinya persalinan yang prematur.

2. Pepaya
Getah pada buah yang selama ini dianggap sangat efektif dalam melancarkan pencernaan ini disebut-sebut bisa memicu terjadinya keguguran. Hal ini terutama berlaku untuk pepaya yang masih muda atau setengah matang.

3. Durian
Kaya akan vitamin dan mineral penting ternyata tak serta merta membuat buah yang satu ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski vitamin dan mineral di dalamnya memang sangat baik untuk kesehatan, sifat panas dan gas yang berasal dari kandungan alkohol pada buah ini membuatnya patut dihindari perempuan, terutama selama masa kehamilan.

Tak hanya karena gas dan kandungan alkohol, durian juga sebaiknya dihindari para ibu hamil karena asam arachidonat yang memicu terbentuknya prostaglandin.

Dalam kadar tertentu, prostaglandin akan merangsang rahim berkontraksi sehingga berpotensi memicu keguguran di trimester pertama maupun kelahiran prematur di usia kehamilan kurang dari 36 minggu.

Selain tiga buah di atas, buah-buahan lain terbilang aman dikonsumsi selama kebersihannya dijaga dengan baik. Karenanya, pastikan semua buah sudah dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s