:: Jika Fisik Sudah Sehat, Begini Caranya Agar Jiwa Juga Sehat ::

Jika Fisik Sudah Sehat,  Begini Caranya Agar Jiwa Juga SehatCNI DC715 Kalau Anda menginginkan fisik yang sehat, pastikan Anda rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Tapi jika olahraga nggak mampu membuat jiwamu ikut sehat, ini yang harus Anda coba untuk lakukan. Nggak susah kok, kadang Anda memang kurang peka terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anda hanya harus menerapkan hal-hal kecil ini pada keseharian Anda, dan efeknya akan cukup baik untuk ketenangan batin.

Mengubah Pandangan Terhadap Orang Lain
Ini saatnya Anda mengubah kacamata Anda saat memandang orang lain. Berhentilah menghakimi orang-orang yang baru Anda kenal dengan hal-hal yang kurang baik. Mulailah membiarkan perkenalan dengan orang baru berjalan dengan normal dan bebaskan pikiran dari rasa curiga yang berlebihan. Berikan waktu untuk mengenal orang lain lebih jauh, setidaknya Anda nggak perlu memutuskan dia akan jadi teman atau tidak dalam sekali bertemu.

Berani Bilang Tidak!
Sulit rasanya bilang tidak saat Anda dimintai bantuan oleh teman, begitupun dengan ajakan hangout sepulang kerja yang melelahkan. Anda harus berani menolak jika kondisinya memang kurang pas, jangan sampai mengiyakan semua permintaan orang lain membuat lelah dan merasa tertekan. Anda bukan robot yang selalu bisa menyenangkan hati orang lain, karena diri sendir juga penting. Berani menolak sesuatu yang nggak sesuai dengan diri sendiri akan membuat Anda lebih tenang dan damai.

Memaafkan Kesalahan Orang Lain dan Diri Sendiri
Memaafkan kesalahan diri sendiri dan orang lain akan menimbulkan kedamaian di dalam hati. Kalau Anda masih menyimpan dendam pada kesalahan orang lain, atau merasa marah dan menyesal atas kesalahan di masa lalu, memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri akan membuat jiwa lebih sehat, dan Anda nggak akan lagi stres akibat kesalahan-kesalahan yang selama ini memenuhi pikiran.

Membuat Jadwal Quality Time dengan Diri Sendiri
Mungkin Anda sangat sibuk sampai jarang memiliki waktu untuk diri sendiri, tapi demi kesehatan jiwa Anda, cobalah buat jadwal untuk menyendiri, setidaknya sekali dalam sebulan. Anda bisa menikmati waktu luang untuk memanjakan diri, atau hanya sekedar nonton film seharian di kamar. Gunakan juga waktu menyendiri Anda untuk berkomunikasi dengan diri sendiri tentang apa saja yang sudah dikerjakan, apakah itu baik atau tidak untuk diri sendiri, merasakan lebih dalam apa yang sedang Anda rasakan saat itu, menghargai diri sendiri atas kerja keras selama ini, dan pastikan Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Coba Untuk Lebih Santai
Anda yang hidupnya dipenuhi tujuan-tujuan tertentu biasanya kurang menikmati kehidupan yang sebenarnya. Saking sibuknya, Anda jadi jarang berkumpul dengan teman-teman bahkan keluarga. Mencapai sesuatu yang Anda inginkan tentu saja baik untuk hidup Anda, tapi kalau Anda sampai nggak ada waktu untuk hal-hal lain yang bersifat menghibur, Anda bisa saja jadi stres karena setiap harinya hanya melakukan hal-hal yang itu-itu saja. Cobalah sedikit saja lebih santai, dan berikan diri Anda sedikit hiburan agar kehidupan jadi lebih seimbang.

“Kesehatan adalah anugerah yang terbesar; kepuasan adalah kekayaan terbesar; keimanan adalah hubungan yang paling baik (kuat).”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s