:: Tekan Kadar Kolesterol Jahat dengan 4 Makanan Berikut ::

tekan-kadar-kolesterol-jahat-dengan-4-makanan-berikutCNI DC715 – Selama ini kita tahu bahwa kolesterol merupakan agen penyebab stroke dan berbagai jenis gangguan jantung. Padahal, sebenarnya tak selalu demikian. Sebab, faktanya kolesterol terbagi menjadi dua yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol “jahat” atau LDL.

Penting untuk diketahui, yang berperan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke adalah LDL, dan bukan keduanya. Bahkan, American Heart Association menyebut, kadar LDL berpengaruh lebih signifikan ketimbang kadar kolesterol total dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke .

Berikut beberapa makanan yang penting untuk dikonsumsi demi menjaga kadar kolesterol jahat tetap berada di batas normal (100 mg/dL), maupun menurunkan kadarnya:

1. Makan Tinggi Serat
Sejak lama, serat diketahui menjadi agen yang akan secara efektif melawan kolesterol karena mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan. Untuk itu, mencukupi kebutuhan serat tubuh menjadi cara yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Ikan Berlemak (Omega-3)
Berbeda dengan daging sapi dan hewan lainnya yang memiliki kadar kolesterol tinggi, lemak pada ikan justru sangat baik untuk melawan LDL dan trigliserida. Konsumsi ikan dua hingga tiga kali seminggu akan membantu kadar kolesterol baik meningkat dan mengimbangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam ikan-ikanan pun akan membantu membuat jantung terlindungi.

3. Kacang
Kacang dan minyak terbukti mengandung lemak yang menjadi musuh LDL. Studi menunjukkan, profil asam lemak yang dimiliki kacang berhubungan langsung dengan efek menurunkan kolesterol jahat. Konsumsi setidaknya 28 gram kacang selama lima kali per minggu akan berdampak signifikan pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Bawang putih
Sebuah studi membuktikan, LDL yang teroksidasi akan mempercepat disfungsi vaskular. Dan bawang putih diketahui memiliki kemampuan memperlambat oksidasi kolesterol LDL.

Dengan kata lain, konsumsi bawang putih secara rutin akan mencegah arteri mengeras karena penumpukan plak yang diakibatkan peningkatan resistensi terhadap oksidasi LDL.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s