:: 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidup Jadi Lebih Sehat dan Berkualitas ::

5 Hal Ini Bisa Bikin Hidup Jadi Lebih Sehat dan BerkualitasCNI DC715 Agar panjang umur dan memiliki kehidupan yang memuaskan, salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan memilih gaya hidup sehat. Tak hanya berkaitan dengan fisik, tapi kesehatan mental pun harus diperhatikan.

Untuk menerapkan pola hidup sehat, Anda tak perlu merasa terintimidasi dan tertekan. Cukup lakukan lima hal sederhana ini, Anda pun akan mendapatkan perubahan besar dalam hidup Anda, seperti dilansir Times of India.

1. Bergerak
Ada banyak program olahraga yang menjanjikan transformasi tubuh luar biasa. Jika memang Anda menyukainya, lakukan saja. Tetapi jika tidak, ada cara yang lebih simpel yaitu berjalan kaki. Jalan kaki adalah cara bergerak yang paling mudah dan memiliki risiko nyeri sendi lebih rendah dibanding jogging atau lari.

Bahkan hanya sepuluh menit berjalan kaki bisa meningkatkan metabolisme dan stamina Anda. Jika cuaca tak mendukung, Anda bisa berjalan di dalam rumah atau jika ada, manfaatkanlah alat treadmill.

2. Terhidrasi dengan benar
Memenuhi kebutuhan air bisa menjaga fungsi pencernaan dan organ serta melindungi kesehatan sendi. Selain itu, mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat menjaga kulit Anda sehat dan berkeringat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jangan lupa, saat berolahraga Anda pun harus minum cukup air.

Minuman olahraga memang sah-sah saja dikonsumsi karena mengandung elektrolit. Tapi ingat jika minuman itu mengandung gula dan kalori. Jus buah juga merupakan hidrasi yang baik karena mengandung vitamin dan mineral. Namun kadang beberapa jus buah alami ada yang mengandung gula tinggi.

3. Dapatkan udara segar dan sinar matahari
Jangan ragu untuk keluar rumah di pagi hari. Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari bisa bermanfaat bagi kulit Anda. Selain itu, vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang sehingga bisa mencegah rakhitis dan osteporosis.

Kurang vitamin D bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi. Sumber vitamin D juga bisa Anda temukan dalam minyak ikan cod, telur, susu, salmon, dan tuna.

4. Istirahat dan relaksasi
Jangan pernah meremehkan pentingnya tidur malam sebagai waktu bagi tubuh untuk mengisi ulang energi. Meskipun pekerjaan sering memaksa Anda untuk begadang, tapi percayalah jika masalah bisa diselesaikan dengan baik di pagi hari setelah Anda mendapat istirahat malam yang cukup.

Kurang tidur bisa menyebabkan kelelahan, depresi, serangan jantung, dan gangguan kecemasan. Bahkan, hanya beberapa malam tidak mendapat tidur yang cukup bisa membuat suasana hati memburuk, kurang kosnentrasi, dan menurunnya memori.

5. Makan dengan tepat
Jangan makan terlalu berlebihan dan utamakan konsumsi buah, sayur, protein tanpa lemak, dan makanan yang berasal dari gandum. Namun, jangan terkecoh dengan produk yang diklaim mengandung gandum tapi justru mengandung pengawet dan gula berlebih.

Pikiran Anda bisa lebih tenang jika mengetahui apa yang Anda makan. Jangan lupa pula selalu memperhatikan label di kemasan makanan atau obat-obatan, termasuk produk perawatan tubuh seperti pasta gigi dan sabun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s