:: 5 Teknik Relaksasi Agar Terbebas Dari Stres Dalam 2 Menit ::

5 Teknik Relaksasi Agar Terbebas Dari Stres Dalam 2 MenitCNI DC715 Stres atau rasa tertekan itu dialami oleh semua orang. Terkadang kita memang tak bisa mencegah rasa stres itu datang, eh, tapi tunggu dulu, kita masih bisa mengontrolnya, kok. Bagaimana caranya?

Dilansir dari womansday.com, ada sedikitnya 5 teknik relaksasi yang bisa kita lakukan untuk kembali bahagia dan terbebas dari stres. Teknik-teknik ini cukup dilakukan satu hingga dua menit saja, lho. Gampang banget deh pokoknya.

1. Tarik Napas Dalam
Jika Anda berada dalam situasi yang tidak menyenangkan atau yang berpotensi membuat Anda stres, cobalah untuk menekan tombol pause dalam diri Anda. Berikan waktu setidaknya 10 detik saja untuk diam. Pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam sambil hitung sampai 10.

2. Tersenyum Lebar
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang menggambar sambil tersenyum memiliki detak jantung yang lebih tenang daripada orang yang menggambar dengan ekspresi datar.

Stres itu bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh kita yang bernama kortisol dan adrenalin. Jika produksi hormon tersebut meningkat, jantung kita bisa tidak stabil karena akan menaikkan tekanan darah dan menyebabkan peradangan.

3. Angkat Dagu
Angkat dagu dan kepala Anda, maka dada Anda akan terasa lebih lapang dan bisa mengambil oksigen lebih banyak. Hasilnya, tubuh Anda bisa lebih rileks dan kondisi emosi Anda akan lebih stabil.

4. Hubungi Sahabat Terdekat
Ketika bertemu dengan sahabat atau keluarga terdekat Anda yang bisa membuat Anda nyaman, tubuh Anda akan mengeluarkan oksitosin. Oksitosin adalah jenis hormon yang bisa membuat badan terasa lebih rileks. Jika memang tak bisa bertemu langsung, Anda cukup menelepon sahabat Anda dan habiskan waktu beberapa menit saja untuk bisa mengobrol.

5. Meditasi 2 Menit
Begini caranya: gosok-gosokkan kedua telapak tangan Anda selama 30 detik, lalu renggangkan kedua telapak tangan Anda sambil seolah-olah memegang sebuah bola, fokuslah pada sensasi energi yang terbentuk di antara kedua tangan tersebut. Perlahan-lahan, bayangkan bola tersebut masuk ke dalam jantung Anda dan bayangkan energi positif mengalir di dalam tubuh Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s